4 Cara Untuk Membuat Anak Tidak Takut Dengan Sesuatu Yang Belum Diketahuinya

Salah satu perasaan yang wajar untuk dirasakan oleh seseorang adalah rasa takut. Perasaan takut ini akan dialami oleh semua orang baik itu orang dewasa atau juga anak kecil. Disaat psikologi atau kondisi mental seseorang sedang merasa tidak aman dan terancam maka disitulah akan muncul rasa takut. Anak kecil yang merasa takut itu sangat wajar karena mereka belum banyak mengenal lingkungan sekitarnya sehingga anak anak ini akan merasa terancam dan tidak aman. Penyebab rasa takut pada anak ini biasanya dari sesuatu hal yang belum atau tidak anak ini ketahui sehingga dirinya merasa asing dengan sesuatu hal itu.

Rasa takut pada anak ini jangan dibiarkan karena bisa saja jika terus dibiarkan rasa takut itu akan semakin berlebihan. Lalu bagaimana cara membuat anak agar tidak takut dengan sesuatu yang belum diketahuinya? Berikut 4 cara untuk membuat anak tidak takut dengan sesuatu yang belum diketahuinya diantaranya yaitu :

  1. Berikan Anak Penjelasan

Sebagai orang tua sebaiknya anda mencari tahu penyebab anak merasa takut, sehingga jika tahu penyebabnya maka akan mengetahui upaya untuk mengatasi rasa takut pada anak. Berikan penjelasan yang logis tentang penyebab anak merasa takut, jelaskan kepada anak agar rasa takutnya itu tidak mengendalikan dirinya sehingga tidak bisa berbuat apa apa.

  1. Berikan Anak Nasehat

Ketika anak takut maka hindari untuk memarahinya atau membandingkan dirinya dengan anak lain yang tidak takut. Hindari agar anak meyakini jika dirinyalah yang paling penakut diantara teman temannya. Memberi penjelasan yang logis dan masuk akal tentang ketakukan anak dan ajaklah anak untuk mulai mengatasi rasa takutnya secara perlahan lahan.

  1. Dengan Memahami Apa Yang Dirasakan Anak

Ketika anak merasa takut maka orang tua harus bisa mengembangkan rasa simpati dan empati kepada anaknya itu. Orang tua sebaiknya mau memahami penyebab rasa takut pada anaknya, bukan membuat keadaan semakin memburuk misalnya dengan memarahinya, melecehkannya, atau bahkan meremehkannya.

  1. Dengan Tidak Mengejek Anak

Anak yang diejek atau diolokolok pada saat sedang takut akan menyebabkan dirinya merasa rendah diri. Dan juga biasanya anak yang merasa dipermalukan ini tidak akan memiliki motivasi untuk melawan rasa takutnya itu. Karena dirinya sudah meyakini jika rasa takut itu memang merupakan sifatnya.

Itulah 4 cara untuk membuat anak tidak takut dengan sesuatu yang belum diketahuinya. Selain orang tua harus memberikan penjelasan agar rasa takut anak tidak mengendalikan dirinya sehingga tidak bisa berbuat apa apa. Tetapi ajaklah anak untuk mulai mengatasi rasa takutnya secara perlahan lahan. Orang tua juga sebaiknya mau memahami penyebab rasa takut pada anaknya, bukan membuat keadaan semakin memburuk. Dan jangan mengejek anak pada saat sedang ketakutan karena ini akan membuatnya merasa rendah diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *