4 Tips Aman Pesan Tiket Kereta Api Online yang Bisa Anda Terapkan

Menggunakan layanan pesan tiket kereta api online kini sudah jamak dilakukan oleh masyarakat yang setia memakai kereta untuk mobilitasnya. Setiap daerah terlebih kota besar sudah ditunjang dengan sarana transportasi kereta yang memadahi serta dijamin aman dan berkualitas. Dipastikan tidak perlu berpikir dua kali untuk memutuskan naik kereta ketimbang jenis transportasi lainnya. Sistem pemesanan tiket yang sudah dibuat online dijamin pula semakin memanjakan para penumpang kereta.

Ketika sistem pemesanan tiket kereta sudah dilakukan secara online maka siapa saja yang rutin melakukan transaksi jual beli online. Nantinya bisa sekalian mengurus keperluan mudik atau liburan dengan naik kereta, karena pemesanannya bisa dilakukan tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan. Internet yang memang dekat dengan segala rutinitas Anda sehari-hari kini pun menjadi lebih dekat, apalagi bisa mendapatkan kebutuhan transportasi disini. Mulai dari ojek dan taksi online sampai pemesanan tiket transportasi untuk perjalanan jauh.

Tips Aman Pesan Tiket Kereta di Internet

Meski internet menawarkan segudang kelebihan dan manfaat namun ada sisi buruk yang bisa merugikan Anda, yakni menjadi tempat kegiatan menipu terjadi. Supaya saat memesan tiket kereta secara online tidak memposisikan Anda sebagai korban penipuan maka wajib sekali memahami cara aman melakukan aktifitas satu ini. Sebagaimana saat Anda belanja online, tentu perlu memilih situs dan toko online terpercaya supaya nyaman dan puas dengan barang yang dibeli.

Menghindari resiko penipuan saat pesan tiket kereta api online maka perhatikan beberapa tips aman berikut ini:

 

  1. Selalu pesan di situs resmi KAI,

Demi keamanan mendapatkan tiket kereta yang dibutuhkan maka selalu biasakan untuk memesan di situs resmi milik PT KAI. Saat ini Anda bahkan bisa menginstal aplikasi Access yang merupakan aplikasi pemesanan tiket kereta dari PT KAI supaya semakin praktis. Kalau pemesanannya saja dilakukan langsung ke penyedia transportasi di atas rel, maka dijamin transaksi Anda legal dan terlindungi.

  1. Gunakan jasa agen perjalanan terpercaya,

Pemesanan tiket kereta secara aman melalui internet tentu tidak hanya bisa dilakukan situs milik PT KAI langsung. Melainkan juga disediakan layanan serupa oleh situs milik agen perjalanan wisata yang jumlahnya sangat banyak. Apabila menjadikannya pilihan maka pilih situs agen perjalanan terpercaya, misal dari agen perjalanan yang nama perusahaannya sudah terkenal kredibel. Sehingga pemesanan tiketnya resmi dan Anda mendapatkan tiket yang sudah dibayar lunas tersebut.

  1. Pastikan harga tiketnya logis,

Ketika bertemu dengan harga promo biasanya akan membuat hati berbunga-bunga sebab merasa menjadi orang yang tengah beruntung. Namun apakah promo tersebut memang aman untuk dimanfaatkan? Pertanyaan ini wajib Anda jawab sendiri dengan memastikan kalau promonya memang bisa membantu Anda mendapatkan tiket kereta yang dibutuhkan. Supaya tidak tertipu pastikan promonya tidak terlalu berlebihan, normalnya diskon berkisar antara 10-30% jadi kalau lebih tinggi Anda wajib waspada. Kecuali memang ada promo dari PT KAI langsung.

  1. Lakukan transaksi pembayaran dengan aman,

Usai booking tiket kereta online Anda akan diminta untuk langsung membayar total pemesanan dengan sistem transfer. Rupanya keamanan transaksi belanja online produk tiket kereta api tidak hanya dipengaruhi legalitas situs dan aplikasi yang dipakai. Akan tetapi juga nomor rekening tujuan untuk pelunasan transaksi tersebut, yakni pastikan merupakan rekening bersama. Jika ada pemberitahuan lewat telepon, SMS, email, dan lain-lain untuk transfer biaya tiket kereta api online ke rekening pribadi baiknya diabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *