goa-indah

5 Goa Terindah yang Ada di Indonesia

Bagi para traveller, Instagram adalah salah satu media sosial terfavorit untuk membagikan pengalamannya selama melakukan traveling, mencari rekomendasi tempat-tempat menarik dan Instagramable, sampai berkomunikasi dengan orang-orang yang lokasinya berjauhan. Tapi, apakah traveler pernah memasang foto dengan latar sebuah goa di akun Instagramnya? Jika belum, maka traveler harus segera mencari tiket pesawat termurah ke beberapa daerah yang memiliki goa dengan pemandangan yang sangat Instagramable berikut ini:

Goa Hawang, Maluku

1

http://www.kei-islands.com/wp-content/uploads/2016/05/Gua-Hawang-2.jpg

Provinsi Maluku bukan hanya kaya akan ketersediaan lokasi wisata bahari saja. Maluku juga memiliki objek wisata menarik yang tersembunyi di balik hutan dan bebatuan besar. Namanya goa Hawang, sebuah goa yang terletak di di desa Letvuan, pulau Key Kecil, Maluku.

Di dalam goa, terdapat batuan stalagtit yang unik. Jika kamu berada di dalamnhya, kamu akan merasa seolah berada di tempat yang sangat asing. Uniknya, di dalam goa pun terdapat kolam yang airnya berwarna biru dan sangat jernih. Air tersebut berasal dari mata air Evu yang mengalir melalui sungai bawah tanah hingga sampai di dalam goa. Saking jernihnya, kamu bisa melihat pemandangan yang ada di dalam air sambil menikmati kesegarannya.

Uniknya, goa ini bukan hanya menyimpan keindahan, tapi juga penuh dengan misteri. Di dalam kolam tersebut, terdapat sebuah batu yang bentuknya menyerupai manusia dan anjing. Konon, batu tersebut berasal dari kisah seorang pemburu yang mengejar babi hingga ke tepi goa bersama dua anjing peliharaannya. Namun, babi yang ia kejar justru menghilang setelah samapi di goa. Merasa lelah, sang pemburu pun meminum air yang ada di dalam goa. Tapi, ia justru mengatakan bahwa air yang ia minum sangatlah tidak enak. Akibat ucapannya itu, sang pemburu dan anjingnya pun dikutuk menjadi batu. Kisah ini masih sangat dipercaya oleh masyarakat setempat, bahkan mereka tidak akan segan untuk meminta pengunjung untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar.

Goa Gong

2

https://backpackerjakarta.com/wp-content/uploads/2016/09/GOA-GONG-PACITAN2.jpg

Di desa Borno, kecamatan Purung Donorejo, Pacitan, Jawa Timur, terdapat sebuah tempat menarik bernama goa Gong yang diklaim sebagi goa terindah di Asia Tenggara. Kalau kamu pergi kesana, kamu pasti setuju dengan klai tersebut. Di dalam goa sedalam 256 meter tersebut, hadir sebuah pemandangan menakjubkan yang diakibatkan aktivitas vulkanik di jaman purba. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat batuan stalaktit dan stalagmit yang penuh warna di sekelilingmu. Uniknya, batuan tersebut bisa tumbuh memanjang akibat reaksi kimia antara udara dan air. Uniknya, saat keadaan sedang hening, goa Gong akan mengeluarkan bunyi yang menyerupai suara alat musik gong. Inilah sebabnya goa ini dinamakan goa Gong.

Goa Pindul

3

http://www.travelerindonesia.net/wp-content/uploads/2016/12/Wisata-Goa-Pindul-Jogja.jpg

Pemandangan sungan di dalam goa juga terdapat di goa Poindul yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa melakukan cave tubing menggunakan ban yang disediakan pengelola untuk menyusuri goa dengan panjang 350 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 4 meter ini. Cave tubing di goa Pindul akan memakan waktu sekitar satu jam. Selama itu, kamu akan disajikan pemandangan unik yang cukup menegangkan namun mengasyikan.

Goa Jomblang

4

http://assets.kompas.com/data/photo/2014/03/18/1754417goa-4780×390.jpg

Masih di kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa Pacarejo, kecamatan Semanu terdapat goa vertikal bertipe collapse dolline. Goa ini terbentuk sekitar ribuan tahun lalu akibat amblesnya tanah di permukaan. Goa ini memiliki mulut goa yang juga befungsi sebagai masuknya sinar matahari. Saat matahari menyinari goa, akan muncul secercah cahaya yang hanya bersinar di area mulut goa. Agar profil Instagram kamu menjadi semakin keren, sangat disarankan untuk berfoto di bawah sinar matahari yang masuk tersebut saat pukul 11-13 waktu setempat. Maka kamu akan terlihat seperti seseorang yang mendapatkan secercah cahaya dari surge.

Goa Jatijajar

5

https://lintaskebumen.files.wordpress.com/2014/08/bmeu21dimaa5nfw.jpg

Bergeser ke Kebumen, tepatnya di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, terdapat Goa Jatijajar yang sangat bersejarah. Dikatakan bersejarah, karena di dalamnya terdapat 8 diorama dan 32 patung yang sengaja disimpan di dalam untk menceritakan kisah tentang Radfen Kamandaka alias Lutung Kasarung. Goa ini termasuk yang tercanggih disbanding goa-goa yang sudah dibahas sebelumnya. Selain ada patung, goa ssepanjang 250 meter ini sudah teraliri listrik. Di dalamnya juga terdapat batuan stalaktit,  stalagit, dan sungai bawah tanah.

Nah, jadia kalau kamu sudah bosan melihat feed Instagram kamu yang hanya begitu saja, cobalah kunjungi goa-goa unik yang sudah dibahas di atas. Nikmatilah serunya berpetualang di dalam perut bumi yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Untuk mencapai goa-goa tersebut, kamu bisa memilik berbagai moda transportasi seperti mobil, kapal, atau pesawat terbang. Semua tergantung darimana kamu berasal. Jika kamu memilih menggunakan pesawat untuk mengefisiensikan waktu perjalanan, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat promo di reservasi.com menuju bandara terdekat agar petualanganmu terasa lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *