6 Cara Tepat Menghemat Uang Belanja

Bagi seorang ibu rumah tangga, rasa-rasanya menghemat uang belanja bukanlah sesuatu yang terlalu rumit. Namun di era yang semakin konsumtif seperti sekarang, tentunya, ibu rumah tangga mesti sedikit lebih bekerja keras untuk menghemat budget belanja bulanan. Untuk kebutuhan-kebutuhan rumah tangga seperti bayar air, bayar listrik, bayar jasa ledeng, dan lainnya, ibu rumah tangga memang sudah sangat familiar. Namun bagaimana dengan kebutuhan lainnya seperti biaya internet, biaya les anak, biaya gym, dan lainnya? Nah untuk memudahkan setiap ibu rumah tangga untuk menghemat budget bulanan, berikut ini kami akan membahas 6 cara tepat menghemat uang belanja.

  1. Tentukan Anggaran Setepat Mungkin

Jika kamu sering mengalami over-budget, bisa jadi karena kamu belum mengetahui anggaran belanja yang tepat. Agar kamu bisa menganggarkan budget belanja bulanan setepat mungkin, coba cek beberapa detail yang ada di rumahmu. Misalnya seperti kulkas, coba cek item mana saja yang sering digunakan dan yang jarang digunakan. Ketika shopping, kamu bisa mengetahui item mana saja yang mesti dibeli, jadi tidak asal beli. Tak hanya untuk urusan dapur, concern lainnya seperti penggunaan listrik, kamu mesti tahu peralatan mana saja yang menguras biaya listrik lebih banyak dan yang tidak.

  1. Gunakan Wi-Fi Keluarga

Untuk menghemat uang belanja bulanan, sebaiknya kamu ‘pun mesti lebih selektif untuk urusan penggunaan internet. Daripada menggunakan internet sendiri-sendiri, sebaiknya gunakan paket Wi-Fi keluarga. Jadi dengan unlimited bandwidth, kamu bisa memusatkan biaya internet menjadi satu kesatuan. Setiap anggota keluarga bisa mengakses internet tanpa perlu khawatir akan mengeluarkan biaya tambahan. Tak hanya itu, akses Wi-Fi keluarga ini bisa juga digunakan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang ada di internet. Bagi suami, ia bisa mengakses berbagai keperluan untuk kantor. Untuk istri, ia bisa mengakses berbagai tutorial memasak. Dan bagi anak-anak bisa digunakan untuk mengakses berbagai bahan-bahan pelajaran sekolah.

  1. Manfaatkan Promo yang Ada di Internet

Belanja online tentunya bukan hal yang aneh lagi di era modern ini. Nah jika kamu atau anggota keluarga yang lain gemar online shopping, sebaiknya manfaatkan berbagai promo yang ada di internet. Salah satunya yaitu promo Tokopedia, dimana kamu bisa mendapatkan banyak sekali potongan harga. Tak hanya itu, pada momen-momen tertentu, Tokopedia juga memberlakukan gratis ongkir pada setiap produk-produknya. Jadi untuk menghemat budget belanja bulanan, sebaiknya kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya promo Tokopedia gratis ongkir ini.

  1. Matikan Saklar Pada Malam Hari

Salah satu penyebab utama mengapa tagihan listrik membengkak yaitu karena pemilik rumah tidak mematikan saklar pada malam hari. Beberapa peralatan elektronik seperti kulkas dan AC memang tak perlu dimatikan di malam hari, namun kamu mesti aware terkait peralatan lainnya seperti lampu, televisi, laptop, dan lainnya. Pastikan kamu mematikannya pada malam hari karena hal tersebut bisa meminimalisir biaya belanja.

  1. Gunakan Filter Air

Setiap anggota keluarga tentunya membutuhkan air bersih dan higienis untuk minum sehari-hari. Sayangnya, air galon branded biasanya berharga cukup mahal. Jika anggota keluarga berjumlah banyak, maka dalam sehari, satu galon air bisa saja habis. Jadi air galon ini biasanya menjadi salah satu item yang membuat budget belanja bulanan membengkak. Nah solusinya kamu bisa menggunakan produk clean water filter yang berfungsi menyaring air keran menjadi air minum. Jadi kamu tak perlu lagi membeli air galon, cukup gunakan air keran.

  1. Belanja di Pasar Tradisional

Untuk menghemat budget belanja bulanan, sebaiknya ibu rumah tangga shopping di pasar tradisional. Sebenarnya banyak sekali untungnya, ibu rumah tangga bisa lebih menghargai pedagang-pedagang kecil. Selain itu bahan-bahan pangan yang dijajakan di pasar tradisional jauh lebih fresh daripada yang ada di supermarket.  Jika kamu peduli dengan budget belanja bulananmu, sebaiknya kamu lebih sering shopping di pasar tradisional.

Bagi ibu rumah tangga yang ingin menghemat budget belanja bulanan, sebaiknya ikuti beberapa tips diatas. Jika ibu mampu menghemat budget belanja, maka tentunya ibu memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *