dubai

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Dubai

Dubai mungkin bak kota metropolitan ala Persia yang tak kalah menarik dengan Las Vegas di Amerika. Ada banyak hiburan dan kemewahan ditawarkan dalam kegemerlapan Kota Dubai ini, selain pembangunannya yang memang terbilang pesat, bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

dubai

Namun, di sini Anda dituntut untuk berperilaku sesuai norma dan etika setempat yang berlaku. Aturan-aturan moral dan hukum di negara ini perlu Anda ketahui lebih dulu sebelum mengunjunginya, sebab kalau tidak Anda bisa-bisa berurusan dengan aparat hukum dan malah berakhir di penjara. Simak hal-hal apa saja yang menjadi “larangan” dan wajib Anda hindari ketika berkunjung ke Dubai.

  1. Minum alkohol, perlu ijin dulu dan jangan minum di area publik

Dubai dihuni oleh mayoritas Muslim yang punya aturan untuk tidak minum minuman beralkohol. Warga asing yang tinggal di Dubai hanya boleh meminumnya di dalam rumah, itu pun perlu memiliki surat ijin. Mereka membelinya di toko minuman botol atau secara online, dengan meminta ijin lebih dulu kepada atasan yang mempekerjakan mereka. Pengunjung wisatawan juga hanya bisa minum-minum di tempat-tempat khusus, seperti hotel berlisensi, bar, atau klub malam. Tapi kalau sedikit saja keluar dari tempat itu dan terlihat Anda lagi minum di area umum, Anda akan didenda. Jangan sekali-sekali mengemudi kendaraan saat berada dalam pengaruh alkohol.

  1. Obat-obatan, pikir kembali untuk membawanya masuk ke Dubai

Sebaiknya Anda jangan berharap Dubai akan memberikan toleransi pada obat-obatan yang Anda bawa saat datang mengunjunginya. Meski Anda punya resep dokter untuk obat-obat itu, dan dalam perjalanannya obat Anda lolos-lolos saja masuk ke berbagai negara, tapi di Dubai bisa lain ceritanya. Beberapa pengunjung pernah dipenjara hanya karena membawa obat-obatan yang mengandung penghilang rasa sakit. Ada juga pengunjung yang dinyatakan “bersih” di negara asalnya, tapi begitu datang ke Dubai justru dipenjara setelah melakukan tes obat. Jadi, pikirkan kembali untuk membawa barang-barang yang rentan dicurigai saat masuk ke negara lain, terutama di Dubai sebab aturannya sangat ketat.

  1. Memainkan musik dan menari di Jalanan, jelas bukan di Dubai

Dubai bukan tempat yang tepat untuk memainkan atau menyetel musik keras-keras dan menari di ruang umum. Kalau Anda punya hobi ini, simpan saja untuk dilakukan di kamar Anda sendiri.

  1. Hati-hati saat mengambil gambar foto, terutama foto perempuan lokal

Biasanya banyak pengunjung atau turis senang mengambil foto penduduk lokal Dubai yang lengkap dengan pakaian nasional ciri khasnya. Namun, Anda harus juga menghormati norma kebiasaan setempat, yaitu meminta ijin dulu sebelum memotret mereka, terutama kaum perempuan Dubai. Anda akan dianggap kasar kalau tidak meminta ijin lebih dulu ketika mengambil foto mereka.

  1. Bermesraan di muka umum, salah-salah Anda bisa dituduh berbuat asusila

Memperlihatkan kasih sayang secara terang-terangan di muka umum dianggap tidak senonoh di Dubai. Ada pasangan yang sedang berciuman di kursi belakang sebuah taksi dan mereka terpaksa ditangkap dengan tuduhan perbuatan asusila, bahkan cium pipi antar teman saja bisa menjadi masalah. Jadi sebaiknya hindari berdekatan secara intim di luar rumah atau di luar pintu kamar Anda.

  1. Hati-hati ketika berbicara, perhatikan kata-kata yang Anda keluarkan

Anda bisa didenda kalau salah-salah mengeluarkan kata-kata di tempat umum dan didengar oleh warga atau aparat setempat, ada banyak polisi menyamar di kota ini. Kata-kata vulgar, kata-kata provokatif, dan komentar-komentar negatif seputar bangsa Emirat jelas-jelas harus dihindari kalau Anda tidak ingin dapat masalah. Anda bisa punya pendapat dan pemikiran sendiri, tapi alangkah bijaknya kalau Anda menyimpannya baik-baik di dalam mulut Anda saja.

Anda tertarik mengunjungi Dubai? Anda bisa mulai cek tiket pesawat menuju Dubai di situs tiket online terpercaya, dan supaya Anda bisa mendapatkan harga tiket yang murah, pantau promo tiket pesawat yang ditawarkan dan pesanlah tiket dari jauh hari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *