balikpapan

Aksi Sosial Mensejahterakan Masyarakat Kampung Nelayan di Balikpapan oleh PT Pertamina

Seluruh masyarakat butuh diperhatikan akan kebutuhannya, termasuk Kampung Nelayan yang merupakan salah satu masyarakat yang banyaknya hidup di air. PT Pertamina, dalam usahanya untuk mensejahterakan masyarakat, melakukan bakti sosial pada tanggal 10 Desember 2016 lalu. Kegiatan dilakukan ini berupa kegiatan pembersihan dan pemberdayaan masyarakat Kampung Nelayan yang ada di 5 kota besar. Salah satunya adalah kota Balikpapan yang berlokasi di 2 tempat yakni Kampung Atas Air Margasari dan juga Baru Tengah. Di kedua lokasi ini kegiatan sosial dilakukan. Kegiatan sosial bertemakan lingkungan yang dilakukan ini dihadiri oleh 400 orang yang terdiri dari pihak Pertamina, Gubernur, dan juga Mentri Lingkungan Hidup serta warga dan relawan.

Kegiatan oleh PT Pertamina ini mengajak masyarakat Kampung Nelayan yang ada di kota Balikpapan. Tentunya tidak semua warga hadir di acara ini. Dalam 2 kampung yang diundang sejumlah perwakilah warga yang hadir pada acara ini. Acara dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh beberapa pihak seperti Direktur dari PT Pertamina, KLH, dan Gubernur. Sambutan ini dilakukan seraya membuka acara kegiatan yang dilanjutkan dengan menyerahkan sumbangan dari PT Pertamina berupa alat kebersihan dan juga infrastruktur. Penyerahan dilakukan secara simbolis. Sementara untuk acara inti ada pemberdayaan dan juga pembersihan. Acara pembersihan dilakukan dengan membersihkan wilayah pesisir pantai. Wilayah ini penting untuk dijaga kebersihannya. Tidak hanya saat ada acara semacam ini saja tetapi juga setiap hari oleh masyarakat. Selanjutnya ada acara penanaman mangrove yang juga dilakukan. Tujuannya yakni untuk menanggulangi bencana yang sering terjadi di kampung yang berada di atas air.

Kegiatan inti lainnya yakni kegiatan pemberdayaan. Dalam hal ini para relawan pendidikan memberdayakan anak-anak untuk gemar membaca. Kegiatan yang dilakukan yakni dengan mengajak anak-anak menuju Taman Baca Pertamina. Selanjutnya dilakukan juga kampanye “Gemar Makan Ikan” untuk masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina di wilayah Balikpapan khususnya di Kampung Nelayan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat di lokasi Kampung Nelayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *