Beberapa Cara Efektif Memutihkan Gigi

Seiring dengan bertambahnya usia maka biasanya akan diikuti dengan munculnya warna gigi yang kekuningan ataupun noda yang berwarna abu abu. Selain itu juga berubahnya warna gigi yang putih menjadi kekuningan adalah karena asupan makanan tertentu. Untuk memutihkan gigi ini ada banyak produk yang ditawarkan dipasaran seperti pasta gigi, gel, strip, dan juga alat penyinar. Tetapi adanya beberapa produk pembersih gigi yang mendung zat kimia seperti zat asam dan peroksida, dimana kedua zat itu akan menimbulkan gangguan pada kondisi gigi tertentu. Oleh karena itu sangat penting sebelum menggunakan produk produk tersebut untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Tetapi jika ragu menggunakan produk pemutih gigi karena takut ada efek sampingnya maka sebaiknya menggunakan cara memutihkan gigi secara alami. Pastinya kita menginginkan cara alami yang akan efektif memutihkan gigi.

Berikut beberapa cara efektif memutihkan gigi diantaranya yaitu :

  1. Selalu Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Supaya gigi dan mulut selalu terjaga kebersihannya maka sebaiknya menyikat gigi minimal 2 kali didalam sehari setelah makan dan ini merupakan salah satu cara sederhana untuk memutihkan gigi. Selain itu juga untuk membersihkan sisa sisa makanan maka lengkapilah dengan menggunakan benang gigi atau dental floss dan juga obat kumur didalam setiap harinya. Yang perlu diingat adalah hindari menyikat gigi jika sudah mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam, karena jika hal ini dilakukan maka akan melemahkan dan menghilangkan enamel atau email gigi.

  1. Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan Di Rumah

Untuk memutihkan gigi secara alami maka bahan alami yang biasanya akan dimanfaatkan banyak orang adalah baking soda. Cara menggunakannya adalah baking soda ini dibuat pasta lalu digosokkan kegigi. Cara membuat pasta dari baking soda yaitu dengan mencampurkan baking soda sebanyak  1 sdt dengan air sebanyak 2 sdt. Pasta baking soda ini digunakan beberapa kali didalam satu minggu. Selain itu juga kita bisa menggunakan cuka apel yang mengandung asam asetat yang akan mampu membunuh bakteri, membersihkan mulut, atau juga akan memutihkan gigi.

  1. Memanfaatkan Buah Buahan Yang Mengandung Asam Malat

Salah satu zat alami yang banyak digunakan untuk memutihkan gigi secara alami adalah asam malat. Asam malat ini bisa kita dapatkan dari buah apel dan stroberi yang mengandung zat tersebut yang cukup tinggi. Untuk membuat pasta stroberi maka tinggal mencampurkan buah stroberi yang telah dihancurkan dengan baking soda. Meski begitu pasta stroberi ini jangan terlalu sering digunakan untuk menyikat gigi. Pasalnya stroberi mengandung asam sitrat yang akan dapat merusak enamel gigi.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Hindarilah makanan yang manis dan lengket, dan sebaiknya memperbanyak makanan segar terlebih buah dan sayuran. Adanya beberapa makanan yang baik untuk menjaga penampilan gigi seperti keju, susu, sayuran hijau, dan kacang kacangan. Produksi air liur akan meningkat jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, yang akan berfungsi untuk menghilangkan zat zat yang akan dapat merusak gigi. Untuk mencegah terjadinya kerusakan enamel gigi maka sebaiknya mengurangi asupan makanan yang tinggi asam sitratnya seperti jeruk dan lemon.

Itulah cara efektif memutihkan gigi. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan membatasi minuman seperti teh, kopi, dan soda. Dan juga sebaiknya berhenti merokok karena tembakau yang terkandung didalam rokok merupakan salah satu noda yang akan sulit untuk dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *