Ingin Sepeda Motor Irit BBM? Ini Dia Caranya!

Image result for irit bbm

Di era yang serba dinamis ini, tak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan transportasi kian tinggi saja. Tentunya hal ini banyak berdampak pada penjualan alat transportasi juga, salah satunya adalah sepeda motor. Desain motor yang cenderung langsing serta ergonomis dan harganya yang lebih murah memang menjadikan motor lebih dipilih. Jika Anda bertanya tentang harga, maka jawabannya adalah bervariasi karena tergantung dari jenis motor hingga tentunya spesifikasinya. Jika Anda ingin tahu harga motor di pasaran, maka cek di situs belanja online.

Jika membicarakan tentang motor, maka tentu akan dekat sekali bahan pembicaraan tentang penggunaan BBM. Ya, dengan penggunaan BBM ini memang kerapkali menjadikan biaya bulanan jadi tinggi. Jika Anda merasa penggunaan BBM di motor sangat boros, maka cek beberapa tips berikut ini:

  • Yang pertama adalah dengan mengecek tekanan ban pada motor Anda. Alasannya karena jika tekanan angin yang ada di ban kurang, maka menjadikan BBM bisa boros hingga 15% banyaknya.
  • Lakukan pemanasan dulu sebelum menggunakan motor. Tentu motor harus ditunggu sebentar dulu untuk bisa memanaskan mesin setidaknya 5 menit saja dengan demikian pembakaran mesinnya lebih stabil.
  • Dalam berkendara, atur juga pemakaian rem Anda. Jangan sampai rem ini mengakibatkan cara lari motor menjadi berat karena hal ini tak baik juga.
  • Tarikan halus dan stabil pada gas motor pun akan mempengaruhi BBM setidaknya sebanyak 15%. Oleh karena itu, usahakan untuk mempertahankan kecepatan motornya dibanding cepat lalu tiba-tiba lambat.
  • Terakhir adalah dari segi pelumasnya dimana memilih pelumas yang baik sangat direkomendasikan sehingga menjadikan kitiran pada mesin lebih ringan yang akan menjaga kompresi pada ruang bakarnya jadi sempurna.

Cara menghemat BBM pada sepeda motor lainnya adalah dengan memilih tipe motor yang hemat BBM. Dengan demikian, maka penghematan pun akan maksimal. Berikut ini rekomendasinya:

  • Yamaha V-Ixion – Yamaha V-Ixion menjadi motor yang banyak dikenal sebagai motor dengan pengeluaran BBM yang irit. Diperkirakan jika Yamaha V-Ixion ini hanya menghabiskan 1 liter untuk 44.3 km. Ini memang perkiraan saja, namun sudah cukup lumayan.
  • Honda New Megapro Fi – Banyak yang bilang jika motor sport cenderung boros. Sebetulnya pernyataan ini tak selalu benar. Buktinya saja tadi ada Yamaha V-Ixion yang irit BBM. Selain itu ada juga Honda New Megapro Fi yang lebih irit lagi karena dengan 1 liter saja Anda bisa mengendarainya hingga 46,2 km.
  • Yamaha Mio J – Jika Anda penyuka motor matic, ada juga rekomendasi motor matic yang sangat irit BBM yakni Yamaha Mio J. Motor matic biasa disebut sebagai motor terboros BBM, namun Yamaha membuktikan sebaliknya dimana Yamaha Mio J ini kurang lebih membutuhkan 1 liter BBM saja untuk kendarai jarak sampai 50,9 km. Jauh sekali bukan?
  • Honda Beat Fi – Rekomendasi motor matic super hemat BBM lainnya yang bisa Anda pilih juga adalah dari produk Honda yakni Honda Beat Fi. Honda Beat Fi ini adalah penyempurna versi sebelumnya dimana untuk 1 liternya bisa dipakai untuk kendarai hingga 57 km.

Itulah beberapa rekomendasi sepeda motor yang irit sekali BBM. Tentunya Anda bisa menjadikan pilihan terbaik saat ini sehingga lebih mudah menemukan motor yang tepat. Sebetulnya pemborosan pada BBM atau tidak hanya bisa diatur oleh penggunaan sendiri dan sesuai kebutuhan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *