Ini Dia 4 Cara Terbaik Merawat Gelang Agar Tidak Mudah Rusak  

Perhiasan sudah sejak lama dijadikan sebagai bagian investasi, bahkan oleh kakek dan nenek kita di zaman dulu. Logam mulia memang menjadi pilihan menarik untuk bisa menabung namun tidak mudah habis karena dalam bentuk fisik. Berbeda dengan tabungan fisik lain yang butuh modal besar, emas dalam bentuk apapun lebih mudah dijangkau semua kalangan. Jenis perhiasannya pun banyak dan salah satunya adalah gelang yang dipakai menghiasi pergelangan tangan.

Perhiasan dari logam mulia memang menjadi pilihan kaum Hawa untuk menunjang penampilannya, baik dalam keseharian maupun dalam acara tertentu. Perhiasan yang menghiasi pergelangan tangan menjadi salah satu contoh yang banyak dibeli oleh masyarakat. Meskipun gram atau beratnya beda tipis dengan kalung, namun perhiasan satu ini memiliki kekuatan yang lebih baik. Apalagi mayoritas didesain berupa lempengan yang dibentuk lingkaran bukan berupa rantai sebagaimana dengan perhiasan jenis kalung.

Cara Terbaik Merawat Perhiasan Satu Ini

Supaya bisa menunjang penampilan kapan saja tentu koleksi perhiasan penghias pergelangan tangan ini perlu dirawat dengan baik. Tujuannya tentu saja untuk memastikan kilau emasnya benar-benar terjaga dan tetap memukau. Sebab dalam kondisi tertentu dimana pemilik perhiasan satu ini tidak menaruh perhatian lebih maka kilau emasnya akan menghilang. Padahal kalau dijual lagi lakunya lebih murah dan jika membeli yang baru akan keluar uang lebih banyak, apalagi jika salah memilih toko perhiasan baik berupa toko online maupun offline.

Untuk menjadikan gelang yang Anda koleksi terawat dengan baik sekaligus awet maka lakukan beberapa perawatan di bawah ini:

  1. Baiknya tidak dipakai setiap hari,

Perhiasan dari logam mulia dijamin akan mudah mengalami perubahan bentuk karena sifat alaminya memang demikian. Meski didapatkan dari toko online terpercaya sekalipun dijamin tetap akan berubah bentuk. Maka penting untuk memakainya saat diperlukan saja, karena kalau dipakai setiap hari dijamin dalam waktu dekat bentuknya sudah berubah dan tidak lagi nampak menarik.

  1. Sediakan wadah khusus untuk penyimpanan,

Perhiasan jenis ini maupun yang lainnya selain perlu dipakai sesekali saja agar kilaunya bertahan, ternyata juga perlu disimpan dengan benar. Penyimpanan ini baiknya memakai wadah khusus yang nantinya bisa melindunginya dari paparan sinar matahari, udara ekstrim, debu, dan lain sebagainya. Paling nyaman dan aman adalah wadah perhiasan dari kayu yang alami dan tidak memicu terjadinya korosi, sehingga perhiasan di dalamnya lebih awet.

  1. Usahakan rajin dibersihkan,

Sebagaimana dengan baju kesayangan, koleksi perhiasan yang dimiliki juga perlu dibersihkan secara teratur. Tujuannya untuk menghilangkan tumpukan debu yang terjebak di beberapa sisi perhiasan penghias tangan ini. Sekaligus memastikan warnanya tetap mengkilap dan kekuningan selayaknya emas berkualitas tinggi. Membersihkannya bisa dengan memakai sikat gigi yang di gosok lembut, kemudian dibilas dengan air hangat. Lakukan sebulan sekali maka perhiasan satu ini dijamin senantiasa berkilau dengan indah.

  1. Lepas dulu saat melakukan aktifitas tertentu,

Tidak semua aktifitas yang dilakukan aman tetap memakai perhiasan, termasuk yang menghiasi pergelangan tangan. Semisal saat bermain air di laut atau pantai tentu wajib melepas perhiasan yang menempel di tubuh. Udara pantai yang mengandung garam demikian pula dengan pasir dan air lautnya bisa merusak warna dari perhiasan logam mulia ini. Maka lepaskan sebentar supaya aman dan gelang kesayangan tetap dalam kondisi sempurna, sebab Anda sudah melindunginya dari berbagai paparan yang merusak warnanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *