ini-dia-faktor-penyebab-kolesterol-tinggi

Ini Dia Faktor Penyebab Kolestrol Tinggi

Anda harus mengetahui faktor penyebab kolesterol tinggi yang sering dialami banyak orang. Hal ini dianggap akan memudahkan anda untuk menerapkan pencegahan agar kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak menjadi masalah kesehatan yang sangat buruk. Selain itu, anda bisa melakukan beberapa hal seperti cek darah atau konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan diagnosa tentang gejala beberapa penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi. Berikit ini beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang harus anda ketahui:

Menu makanan yang kurang sehat

Junk food, fast food dan beberapa makanan siap saji menjadi salah satu dari penyebab kolesterol tinggi yang sering ditemui. Bahkan, sebagian dari anda juga menganggap bahwa hal ini menjadi gaya hidup setiap hari. Seluruh makanan yang termasuk dalam jenis ini biasanya memiliki proses memasak yang kurang baik, bahkan sering menggunakan minyak goreng yang mengandung lemak jenuh. Selain itu, beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kolesterol tinggi terdiri dari daging, susu, keju, kuning telur dan mentega.

Berat badan yang terlalu berlebihan

Obesitas atau berat badan yang terlalu berlebihan akan mempengaruhi jumlah kolesterol yang tinggi. Lemak yang menumpuk pada seluruh bagian tidak larut pada cairan tubuh sehingga menjadi masalah besar pada beberapa organ tubuh. Bahkan, beberapa dokter mengungkapkan bahwa orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki kolesterol jahat pada bagian tubuhnya.

Kurang olahraga atau pegerakan tubuh

Pergerakan tubuh seperti olahraga menjadi salah satu bagian penting untuk meningkatkan metabolisme dan ketahanan tubuh. Namun, bila pergerakan beberapa bagian tubuh berkurang, biasanya sering terjadi lemak yang tertumpuk pada bagain tubuh tertentu. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. Orang yang jarang melakukan kegiatan olahraga dianggap sangat beresiko memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Bahkan, hal ini juga disamakan dengan orang yang jarang melakukan aktifitas fisik seperti berjalan kaki.

Merokok akan menghilangkan kolesterol baik

Mulailah mengurangi aktifitas merokok. Beberapa dokter dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa rokok mengandung zat kimia berbahaya seperti. Zat kimia seperti ini akan mengurangi kadar kolesterol baik yaitu HDL pada tubuh anda. Bila kadar kolesterol baik berkurang, maka hal itu akan menjadi penyebab kolesterol tinggi. Bahkan, zat kimia itu akan memberikan celah sehingga mengakibatkan penumpukan kolesterol jahat di dalam organ tubuh.

Alkohol akan meningkatkan kadar kolesterol

Sama seperti rokok, mengkonsumsi alkohol akan membuat kadar kolesterol baik akan berkurang secara signifikan. Bahkan, alkohol bisa memberikan efek buruk bagi seluruh kesehatan anda. Konsumsi alkohol dengan jumlah besar dianggap memberikan peluang menumpuknya kolesterol jahat yang bisa menyerang lever hingga jantung.

Faktor genetika menjadi penyebab kolesterol tinggi

Faktor genetika sering menjadi salah satu alasan banyak orang memiliki penyakit tanpa disadari. Bila anda memiliki keluarga yang menjadi penderita kolesterol tinggi, maka kemungkinan besar anda juga mendapatkan penyakit yang sama. Untuk mendapatkan detail informasi yang lebih akurat, sebaiknya anda melakukan konsultasi kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *