jenis-keputihan-yang-umumnya-dialami-wanita

Jenis Keputihan yang Umumnya Dialami Wanita

Sebagai seorang wanita dengan segudang aktivitas yang dilakukan sehari hari ini maka wajarlah kita harus wajib menjaga kesehatan maupun kebersihan organ intim kewanitaan. Mengapa demikian? Alasannya karena organ tersebut memang rentan untuk terkena penyakit yang akan mengganggu aktivitas kita. Salah satunya adalah keputihan. Mungkin saat pertama kali mendengar keputihan tersebut maka mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Ya, keputihan memang dapat dialami oleh setiap wanita yang sudah mengalami masa menstruasi. Hal tersebut pun juga dianggap sudah biasa karena keputihan ini merupakan cairan bening yang memang keluar langsung dari miss V dan merupakan hal yang lumrah terjadi khususnya pada saat menjelang menstruasi. Akan tetapi jika vagina ini tak dirawat dengan baik maka akan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri maupun jamur yang menjadi penyebab utama dari keputihan itu sendiri khususnya keputihan yang bersifat patologis. Nah, mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang merasa bingung tentang keputihan yang seperti apakah yang masih dianggap normal terjadi? Kemudian ada berapa jenis keputihan yang umumnya dialami oleh wanita? Untuk mengetahuinya lebih lanjut maka dapat menyimak ulasannya berikut ini.

Jenis keputihan yang perlu Anda ketahui antara lain seperti keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal merupakan keputihan yang timbul pada saat sebelum maupun sesudah masa menstruasi ini terjadi. Keputihan tersebut juga tergolong sebagai keputihan yang ada pada kategori normal. Selain itu, keputihan normal ini memiliki fungsi untuk dapat menjaga kesehatan vagina supaya tetap dalam kondisi yang lembap dan juga terbebas dari kuman serta bakteri jahat di sekitar area miss V. Diketahui bahwa ciri-ciri dari keputihan yang normal ini seperti cairan yang keluar lebih encer dan jumlahnya sedikit, berwarna bening, tak lengkep dan juga tak berbau, dan yang pasti tak menyebabkan rasa gatal. Apabila Anda merasa tak nyaman pada saat keputihan ini muncul maka tak perlu khawatir. Anda bisa langsung mengatasinya dengan cara sederhana seperti membasuh bagian organ intim tersebut dengan menggunakan air bersih kemudian langsung dikeringkan menggunakan handuk. Jangan lupa untuk rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali dalam sehari. Pakaian dalam yang baik adalah yang berbagan dasar katun sehingga miss V dapat bernafas dengan baik.

Selain keputihan normal, masih ada satu lagi jenis keputihan lainnya yang dapat dialami oleh seorang wanita yakni keputihan abnormal. Keputihan yang satu ini memang tergolong ke dalam keputihan yang tidak normal atau lebih dikenal dengan sebutan keputihan patologis. Ternyata keputihan dengan jenis ini sangat berpotensi untuk dapat menimbulkan beberapa gangguan yang terjadi pada alat reproduksi wanita. Diketahui bahwa keputihan jenis ini bila terjadi dapat menjadi suatu sinyal atau pertanda bahwa ada penyakit di daerah organ intim kewanitaan ini ataupun di daerah rahim. Bila Anda kini sedang mengalami keputihan jenis abnormal atau keputihan patologis ini maka dapat langsung mengkonsultasikannya ke dokter agar segera mendapatkan penanganan khusus dan terbaik. Ciri-ciri dari keputihan patologis ini antara lain seperti berwarna kuning tua, kehijauan, dan kelabu. Selain itu juga sangat kental dan lengket, terjadi iritasi kemerahan di sekitar miss V, menyebabkan rasa gatal, cairan yang keluar sedikit berbau amis dan kurang sedap, serta jumlah cairan yang keluar sangat banyak hingga dapat meninggalkan bercak di pakaian dalam yang digunakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *