sego-cawuk-banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi Ayam Pedas Ratinem dan Sego Cawuk

Berkunjung ke Banyuwangi tak sekedar bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah. Wisata kuliner juga bisa dilakukan karena beragamnya kuliner khas Banyuwangi yang ada di kota ini. Salah satunya adalah ayam pedas ratinem. Ayam pedas ini telah terkenal hingga ke seluruh penjuru kota Banyuwangi. Penyajiannya disertai kuah dengan rasa pedas serta gurih yang pastinya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Walaupun rasanya pedas, nyatanya banyak yang tertarik untuk mencoba serta ketagihan dengan rasa makanan ini.

Apabila penasaran dengan rasanya, kita bisa mencoba kuliner khas Banyuwangi ayam pedas ratinem di belakang kantor pos terminal lama kota Banyuwangi. Selain ayam pedas ratinem, kuliner lain yang tak kalah menggoda ialah sego cawuk. Sesuai namanya, sego cawuk berarti nasi cawuk sehingga makanan ini terbuat dari bahan dasar beras yang dimasak menjadi nasi. Sedangkan cawuk berarti makan menggunakan tangan, tidak menggunakan sendok.

Sego cawuk umumnya akan disajikan bersama kuah dari parutan kelapan muda dan jagung muda yang telah dibakar dan dicampur timun, asam dan cabai. Rasa kuahnya segar dan pedas, sementara lauknya dapat menggunakan ikan laut pedas ataupun telur ayam. Kuliner khas Banyuwangi sego cawuk yang terkenal antara lain terdapat di samping gedung wanita Dusun Prejengan, Desa Rogojampi. Warung sego cawuk ini buka mulai pukul enam hingga sepuluh pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *