Kue legit Khas Banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi Dari Suku Osing

Suku Osing atau Suku Using di Banyuwangi memiliki beberapa kuliner khas yang unik serta nikmat. Kuliner khas Banyuwangi tersebut adalah kupat lodoh serta sop kesrut. Kupat lodoh adalah ketupat yang dimasak dengan bumbu lodoh. Lodoh didapat dari parutan kelapa tua yang telah disangrai bersama minyak sampai kering. Setelah kering, bumbu akan ditumbuk halus hingga keluar minyak seperti pasta lembut. Pasta inilah yang diolah bersama bumbu lain dan digunakan untuk memasak ketupat.

Kuliner khas Banyuwangi kupat lodoh bisa kita nikmati di Jalan Ijen, persisnya di depan lapangan Kecamatan Glagah. Selain kupat lodoh, suku Osing di Banyuwangi masih memiliki kuliner khas lainnya, yaitu sop kesrut. Sop kesrut terbilang sebagai makanan yang unik serta langka karena tidak banyak rumah makan yang menghadirkan menu sop ini. Sop kesrut sendiri berupa sop ayam dengan kaldu kental serta rasa yang pedas.

Sop kesrut seringkali disantap bersama nasi, ayam goreng serta sambal tempong. Kata kesrut ditambahkan dalam nama sop ini karena konsumennya seringkali akan menyantapnya sembari menahan ingus lantaran rasanya yang pedas. Jika penasaran seperti apa rasa pedas dari sop kesrut, kita bisa mencobanya di Dusun Krajan, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Demikian adalah dua kuliner khas Banyuwangi dari Suku Osing yang bisa kita coba. Selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *