pecel-rawon-banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi Pecel Rawon dan Kupat Lodoh

Masyarakat Banyuwangi memang terkenal gemar menggabungkan dua menu masakan menjadi satu masakan. Selain rujak soto, kuliner khas Banyuwangi lainnya yang juga merupakan gabungan dari dua makanan berbeda adalah pecel rawon. Sesuai namanya, pecel rawon menggabungkan antara pecel sayuran dengan rawon yang berupa daging. Dalam makanan ini, nasi pecel akan disiram kuah rawon lengkap dengan dagingnya. Seringkali menu ini turut disantap bersama lauk lain seperti udang goreng, empal serta paru goreng.

Salah satu warung favorit yang menjual pecel rawon adalah Rumah Makan Pecel Ayu. Lokasinya ada di Jalan Adi Suciptp 60, Banyuwangi. Selain pecel rawon, kuliner khas Banyuwangi lainnya yang bisa kita cicipi adalah kupat lodoh. Makanan ini merupakan khas dari suku using atau suku osing di Banyuwangi. Ketupat akan disajikan bersama ayam yang dimasak secara lodoh, yakni dibuat dari parutan kelapa tua sangrai serta minyak sampai kering.

Bentuk dari lodoh sendiri menyerupai pasta. Lodoh inilah yang diolah bersama dengan aneka bumbu lalu dimasak bersama ayam seperti ayam bumbu rujak. Kuliner khas Banyuwangi ini bisa dicoba salah satunya di Jalan Ijen, tepatnya di depan lapangan Kecamatan Glagah. Kuliner Banyuwangi tak sekedar nikmat namun juga unik serta tidak akan kita temukan di daerah lain. Tidak heran apabila Banyuwangi turut menjadi tujuan wisata kuliner favorit di Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *