rujak-soto-banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi Rujak Soto dan Soto Tempong

Kota Banyuwangi tak hanya terkenal akan keindahan alamnya saja sehingga layak dijadikan sebagai tujuan wisata favorit di akhir pekan. Kuliner khas Banyuwangi juga sangat beragam dan sayang untuk dilewatkan. Berlibur ke Jawa Timur terutama Banyuwangi tak akan lengkap rasanya apabila belum mencicipi aneka kuliner khasnya yang nikmat serta memiliki citarasa tersendiri. Yang pertama adalah rujak soto. Kuliner ini menggabungkan dua menu sekaligus yaitu rujak dan soto, sesuai namanya.

Soto yang digunakan dalam makanan ini adalah soto daging, sementara rujaknya menggunakan rujak cingur yang memang merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Salah satu tempat makan rujak soto kuliner khas Banyuwangi yang terkenal ini ada di Pondok Rujak Soto di Jalan Basuki Ahmad. Selain rujak soto, makanan khas Banyuwangi lainnya adalah Sego Tempong. Sego Tempong disebut juga nasi tempong atau nasi tumpeng yang hangat dan disajikan bersama sayur lalapan serta lauk daging serta sayur.

Sego tempong turut pula dihidangkan bersama sambal terasi yang pedas. Salah satu warung nasi tempong yang cukup populer adalah di Jalan Kolonel Sugiono nomor 16, Banyuwangi kota. Warung sego tempong ini buka mulai pukul dua siang hingga menjelang malam. Demikian beberapa kuliner khas Banyuwangi yang dapat kita cicipi saat berkunjung ke kota tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berwisata kuliner di Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *