Melatih Kepintaran Anak Dengan Media Stimulasi

Anak yang pintar dan berbakat adalah harapan bagi setiap orang tua. Namun seringkali anak tidak mau mengikuti apa yang orang tua inginkan, dan akhirnya menjadi anak yang tidak berkembang dengan baik dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itu penting sebagai seorang orang untuk melatih kepintaran anak, sehingga menjadikan anak menjadi seseorang yang cerdas dan juga berbakat. Banyak cara yang bisa di lakukan oleh orang tua dalam melatih kepintaran,yang mana tidak harus melakukand negan cara tegas atau kekerasan yang menimbulkan trauma pada anak secara psikis.

Cara untuk melatih kepintaran anak tak hanya berpusat pada pelajaran atau yang bersifat sistematis, namun juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan media yang ada disekitar. Dan berikut beberapa ide peralatan yang dapat melatih otak anak :

  • Kepintaran Secara Linguistik

Untuk melatih otak anak bisa menggunakan media buku anak-anak atau cerita bergambar, majalah untuk di potong, merekam suara melalui perekam suara dan mereka mendengarkan suara yang mereka rekam, melatih anak untuk menggambar, memberikan huruf alphabet dan Anda bisa memberitahukan apa huruf tersebut.

  • Kepintaran Secara Musical

Untuk kepintaran anak secara musical ini yang berhubungan dengan alat musik seperti piano, drum, gitar atau ukulele, seruling dan lainnya yang bisa Anda berikan dengan menstimulasi otak anak terhadap bunyi-bunyian.

  • Kepintaran Secara Kinestetik

Kepintaran kinestetik berpusat pada hal yang berbau seni dan karya. Anda bisa memberikan anak berupa mainan yang berbau edukasi seperti lego, dengan ia membongkar dan memasang lego maka hal tersebut dapat melatih otak anak menjadi lebih pintar dan tahu bagaimana cara menyelesaikan permainan yang ia sedang lakukan.

  • Kepintaran Secara Naturalis

Kepintaran secara naturalis ini bersifat hal yang berbau alam atau back to nature. Dengan melatih anak melalui tumbuh-tumbuhan di sekita serta akuarium yang terdapat ikan, maka akan melatih otak anak untuk lebih mengenal alam sekitar.

Masih banyak yang bisa Anda lakukan dengan media sekitar untuk melatih kepintaran anak. Anda bisa melatih otak anak dengan kepintaran logika atau yang bersifat sistematis, namun tetap Anda harus tahu batasan kesanggupan anak untuk belajar dengan begitu maka anak lambat laun akan menjadi anak yang bisa Anda andalkan dan harapkan serta tumbuh menjadi anak yang pintar dan menjadi kebanggaan banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *