perkembangan-psikologi-anak

Pentingnya Memahami Perkembangan Psikologi Anak

Berbicara soal anak memang tidak ada habsnya, kadang orang orang tua di buat bingung dan panic atas tingkahnya. Langkah yang paling benar adalah memahami setiap psikologi yang di tunjukkan oleh anak. Memahami perkembangan psikologi anak sejak dini adalah sebuah keharusan bagi para orang tua juga guru-guru dsekolah. Masa anak di usia dini merupakan masa yang penting dalam perkembangan abnak Anda. Di masa emas tersebut anak akan mulai sensitive terhadap berbagai rangsangan. Dan setiap anak akan memiliki tingkat perkembangan kepekaan yang berbeda seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan oleh masing-masing anak. Perkembangan anak dan pertumbuhannya memiliki ikatan karena perkembangan fisik dan motoric berkaitan erat dengan perkembangan secara psikis. Oleh sebab itu psikologi perkembangan tersebut tak dapat di pisahkan lagi dengan perkembangan dan pertumbuhan aka tersebut secara keseluruhan.

Di masa emasnya, anak akan mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan pada tingkat yang drastic yang meliputi perkembangan cara berpikir, motoric, emosi, sosial dam tentunya perkembangan secara fisiknya. Pada masa tersebut terjadi pada usia 0 hingga 8 tahun lamanya, dan periode berikutnya tidak akan terjadi lagi lonjakan perkembangan tersebut. Karenanya, setiap orang tua harus dapat memberikan perhatian yang khusus pada usia penting mereka dalam perkembangan psikologis anak, karena, karena pada nantinya akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada perkembangan dan juga kehidupan di masa yang akan datang. Adapun pemahaman hal tersebut akan sangat membantu para orang tua dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak secara keseluruhan, dan setiap anak di usia dini, maka akan dapat mengalami perkembangan pada beberapa aspek yang penting di dalam kehidupannya.

Pehaman yang bisa dilakukan para orang tua untuk perkembangan psikologis anak yaitu dengan meminta pengertian anak untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikannya dan orang sekitarnya. Adapun tindakan yang bisa di lakukan oleh para orang tua yang dengan memberikan kata yang seidkit tegas bukan karena marah, namun memberikan pemahaman pada anak bahwa hal tersebut tidak layak di sukai. Terkadang para para orang tua ingin sekali membahagiakan anak namun degan cara yang salah akan dapat membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak mau bekerja keras atau malas, dan cenderung berpikiran sempit. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak di usia dini anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *