pendidikan anak usia dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Siapa yang tidak senang memiliki anak yang cerdas, sehat, dan lucu? Apalagi di fase balita atau 3 sampai 5 tahun. Banyak sekali pasangan yang baru menikah mendambakan seorang anak lahir dalam perkawinan mereka. Sudah menjadi kewajiban seharusnya, ketika harapan itu dikabulkan maka orangtua harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Fase balita merupakan fase si buah hati belajar banyak hal. Tumbuh kembang balita sangat ditentukkan di fase ini. Dan tentu, akan menentukkan banyak sekali kepribadian dan kecerdasan anak sampai di masa dewasanya. Sudah ada penelitian yang membuktikkan bahwa pola asuh balita yang salah akan memberikan dampak yang buruk bagi anak setelah dewasa nanti. Maka dari itu, para orang tua harus mengerti pendidikan anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini atau biasa disebut dengan PAUD merupakan pendidikan yang dilakukan kepada balita oleh lembaga non formal. PAUD ini biasanya berbentuk macam macam. Di daerah yang jauh dari perkotaan biasanya pilihannya hanya TK saja. Tetapi, saat ini setiap kelurahan diharapkan memiliki PAUD berbentuk kelompok bermain yang memperbolehkan anak untuk sekolah dari usia 3 tahun. Penggunaan kata sekolah disini bukan berarti balita akan benar benar seperti sekolah yang terikat pada kurikulum. PAUD disini sebenarnya memfasilitasi anak untuk belajar sambil bermain. Belajar dengan metode permainan tentu akan menumbuhkan minat belajar anak. Pembelajaran yang diajarkan pun hanya sebatas bagaimana anak bisa beradaptasi, bisa bersosialisasi, bisa mengembangkan daya pikir anak, dan dapat bersenang senang. Situasi yang menyenangkan tentu menjadi kewajiban karena anak usia dini belum bisa untuk dipaksa untuk belajar hanya diupayakan agar mau belajar.

Menurut ahli psikologi anak, pola asuh anak sejak usia dini membuat anak berkembang menjadi manusia yang berbudi pekerti baik, sehat, dan cerdas. Pendidikan anak usia dini memiliki andil yang besar untuk mencapai harapan tersebut. Namun apakah semua anak harus disekolahkan di tempat tempat PAUD? Jawabannya adalah tidak. Menurut para ahli, saat usia dini lebih baik pendidikan terjadi dalam keluarga. Dengan penuh kasih sayang dari orang tua, anak akan merasa nyaman dan mau untuk belajar. Selain itu, kedekatan akan terjalin dan akan langgeng hingga tua. Anak akan terbiasa untuk dekat dengan orang tua, bukan tenaga pengasuh. Hal ini berdampak nyata pada psikologi anak. Tetapi, menitipkan anak untuk mendapatkan pendidikan di usianya yang masih belia sangat dibutuhkan apabila orang tua sama sama dalam keadaan sibuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *