penyebab bronkitis

Penyebab Bronkitis dan Ciri-cirinya

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini terjadi karena adanya bakteri atau virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyebab bronktis bisa dari mana saja, yakni ari dalam tubuh atau lingkungan. Jika berasal dari luar tubuh maka hal ini berkaitan dengan kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan atau sehabis mengotori tangan. Kebiasaan inilah yang kemudian bisa menyebabkan penyakit bronkitis. Maka sudah seharusnya untuk menjaga kebersihan sehingga bakteri dan virus tidak mudah menyerang tubuh. Apabila sudah terjadi maka lekaslah datang ke dokter. Penyakit ini bukanlah penyakit ringan yang mudah disembuhkan dengan cara alami. Untuk mendapatkan resep yang tepat sebaiknya mendatangi ke dokter.

Sama halnya dengan penyakit lainnya, gejala bronkitis juga ada dan beberapa diantaranya yakni:

  • Batuk kering
    Tentunya batuk bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Batuk bisa menyerng kapan saja. Bahkan sering terjadi dan sudah wajar. Batuk mungkin tidak bisa dijadikan acuan kali ini.
  • Batuk berdahak
    Biasanya batuk memang disertai dengan dahak. Lendir yang dikeluarkan berasal dari dalam par-paru yang berwarna kehijauan dan kekuningan atau bening.
  • Demam tinggi
    Gejala selanjutnya adalah demam tinggi. Jika penderita demam hingga 38o lebih maka bisa diindikasikan terkena penyakit bronkitis. Demam tinggi ini memang cukup berbahaya.
  • Sakit di dada
    Biasanya saat batuk keras akan merasakan di dada. Maka itulah salah satu gejala brontikis. Penyakit ini bisa ditandai dengan dada yang sakit saat batuk.
  • Mudah lelah
    Biasanya penderita bronkitis akan mudah lelah.

Penyebab bronkitis yakni bakteri atau virus yang mana menginfeksi tubuh hingga terjadi gejala-gejala diatas. Biasanya gejala akan hilang dengan singkat. Namun untuk beberapa kasus tidak sembuh hingga lama. Maka inilah yang disebut dengan bronkitis akut.

Penyakit bronkitis bisa diatasi dengan makan yang bergizi, perbanyak minum air putih, dan istirahat. Dengan demikian penyakit ini akan hilang dalam waktu singkat. Tenunya tidak perlu obat atau resep dokter untuk mengatasi bronkitis ringan. Berbeda dengan penyakit bronkitis akut yang mana tidak sembuh hanya dengan perawatan mandiri. Maka wajib untuk mendatangi dokter. Sangat berbahaya bila tidak diobati. Maka akan menyebabkan komplikasi dan masalah lain. Bila diketahui penyebab bronkitis maka sebaiknya mencegahnya. Sehingga tidak sampai terkena penyakit ini. Mengingat penyakit berhubungan dengan virus atau bakteri maka hati-hati dengan teman yang sedang batuk usahakan menghindar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *