Processed with VSCOcam

Perhatikan Ini Sebelum Beli Apartemen di Bandung

Mencari apartemen untuk tempat tinggal ataupun investasi memang terbilang perkara yang susah-susah gampang. Di satu sisi, akan lebih baik apabila kita mencari apartemen yang lokasi dan fasilitasnya serba sempurna. Tapi, kita juga harus bisa berlomba-lomba dengan para pencari apartemen lainnya. Banyak investor yang melakukan perburuan apartemen dengan lokasi strategis serta fasilitas lengkap ini. Terutama sekali untuk apartemen di Bandung. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Bandung menawarkan beragam pilihan apartemen berbeda di tiap sudut kotanya. Untuk memilih satu yang terbaik sebagai tempat tinggal tentu harus dilakukan secermat mungkin. Selain karena apartemen tersebut akan dijadikan tempat tinggal, apartemen juga bisa menjadi investasi untuk dijual kembali di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih apartemen terbaik di Bandung.

Pertama, tentukan terlebih dahulu lokasi apartemen. Lokasi merupakan peran paling penting dalam memilih properti, baik apartemen, rumah, villa dan lain-lain. Jika sudah menentukan lokasi, barulah kita mencari tahu apartemen apa saja yang ada di sekitar lokasi tersebut. Sebagai contoh apabila kita mencari apartemen di Bandung, tentukan dulu kita hendak mencari apartemen di daerah Bandung sebelah mana. Setelahnya barulah kita mulai mencari informasi apartemen apa saja yang ada di daerah tersebut. Kita bisa melakukan pencarian informasi lewat internet. Ini karena informasi yang disajikan di internet cenderung lebih lengkap dan akurat daripada kita mencarinya secara offline. Selain itu, mencari informasi di internet juga lebih menghemat waktu dan biaya karena kita tidak perlu datang ke Bandung secara langsung.

Setelah menentukan lokasi, pemilihan apartemen di Bandung berikutnya adalah dengan memperhatikan pihak pengembang atau developer. Pilihlah developer yang memiliki reputasi baik. Reputasi pengembang akan dapat kita lihat dari bagaimana cara mereka dalam mengelola proyek properti itu sendiri. Mengetahui reputasi pengembang juga bisa kita lakukan lewat internet. Cara lain adalah kita langsung mendatangi pihak pengembang guna menanyakan seputar proyek properti yang dikerjakan. Kriteria pengembang yang baik selanjutnya adalah memenuhi aspek legalitas. Di antaranya adalah memiliki IMB dan tidak ditemukan adanya masalah pada legalitas ataupun tanah yang digunakan untuk membangun apartemen. Pengembang juga akan memiliki sistem manajemen serta kerjasama yang baik dengan pihak bank. Pilihlah pengembang yang bekerjasama dengan beberapa bank dalam menyalurkan kredit apartemen.

Berikutnya, pertimbangan lain dalam memilih apartemen di Bandung adalah keberadaan fasilitas umum. Perhatikan apa saja fasilitas umum yang berada di sekitar lokasi dari apartemen tersebut. Semakin banyak fasilitas umum di sekitar apartemen maka akan semakin bagus. Fasilitas publik ini akan sangat berguna untuk kehidupan kita selama tinggal di apartemen. Beberapa fasilitas yang sebaiknya ada di sekitar apartemen di antaranya adalah halte bus, pertokoan atau mall, lahan parkir serta tempat makan atau restoran. Keberadaan fasilitas umum ini akan sangat membantu saat kita hendak menuju satu lokasi tertentu, memarkirkan kendaraan hingga mendapatkan makanan saat sedang tidak ada waktu untuk memasak. Keberadaan fasilitas ini termasuk dalam lokasi yang strategis juga, karena semakin lengkap fasilitas yang ada di sekitar apartemen berarti lokasinya semakin strategis.

Agar bisa mendapatkan apartemen di Bandung yang terbaik, lakukan juga survey langsung. Datangi langsung lokasi apartemen dan tanyakan bagaimana kondisi apartemen secara keseluruhan. Cobalah untuk bersikap kritis saat menanyakan kondisi apartemen yang ingin kita ketahui. Periksa langsung bagian dalam apartemen dan pastikan semua sudutnya dalam keadaan baik. Walaupun sebelumnya telah melakukan survey online, namun survey secara langsung ini tetap penting untuk dilakukan agar kita mengetahui secara pasti bagaimana keadaan apartemen. Jangan sampai kita seperti membeli kucing dalam karung di mana kita tidak tahu pasti seperti apa barang yang dibeli. Survey langsung juga akan membuat kita lebih paham mengenai fasilitas umum yang tersedia di sekitar apartemen serta bisa menentukan apakah harga apartemen sepadan dengan kualitas yang didapatkan.

Selanjutnya, periksa juga berapa biaya tagihan bulanan yang dibebankan. Termasuk dalam tagihan bulanan ini adalah tagihan listrik serta air yang harus dibayarkan. Kita juga harus tahu berapa biaya service charge alias biaya perawatan kamar apartemen tiap bulan. Biaya lain yang kerap dibebankan pada pemilik apartemen adala biaya keamanan. Keseluruhan biaya ini akan turut menentukan apakah apartemen yang kita pilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan atau tidak. Terakhir, dalam membeli apartemen di Bandung perhatikan juga mengenai tempat parkir yang tersedia, terutama apabila kita memiliki kendaraan sendiri. Tanyalah pada pengembang mengenai kondisi serta keamanan dari tempat parkir yang ada di lokasi apartemen tersebut. Tanya juga besaran biaya parkir yang harus dikeluarkan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih apartemen sehingga kita bisa mendapatkan hunian terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *