perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari

Perkembangan Bayi Baru Lahir dari Hari ke Hari

Setelah melalui masa persalinan yang sangat menegangkan, kini saatnya bagi para pasangan suami istri untuk mengetahui hal lainnya. Tentu saja para pasangan suami istri boleh merayakan kelahiran sang buah hati, namun para pasangan suami istri tersebut juga harus mengetahui perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari agar mereka dapat melakukan segala hal demi kecukupan akan kebutuhan dari sang buah hati mereka. Tidak sedikit para pasangan suami istri yang kebingungan karena masih awal memiliki sang buah hatinya.

Perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari dapat diketahui jika para pasangan suami istri memperhatikannya dengan seksama. Pada tujuh hari atau seminggu dari kelahiran sang buah hati, umumnya akan tampat terlihat rapuh dan juga mengkerut. Bahkan bagian tangan dan kaki sang buah hatinya juga belum bisa untuk direntangkan dengan sempurna. Kondisi tersebut merupakan kondisi di mana sang buah hati masih mengondisikan lingkungan barunya. Pada saat sang buah hati lahir juga akan langsung mendapatkan imunisasi pertamanya, yaitu jenis hepatitis b, polio, dan bcg yang sangat penting untuk menguatkan antibodi sang buah hati. Kemudian dari segi makanan sang buah hati yang pertama kalinya. Makanan utama yang sangat penting ketika sang buah hati lahir adalah asi. Karena asi memiliki kandungan sumber gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh sang buah untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sang buah hati juga mulai bisa gerak refleks dan menangis. Umumnya sang buah hati akan secara refleks menggenggam jari yang menyentuh telapak tangannya hingga sampai menghisap jari. Selain itu sang buah hati juga akan menangis. Hal ini merupakan bentuk komunikasi dari sang buah hati kepada sang ibu. Sampai ketika sang buah hati telah berumur hingga empat bulan, penglihatan sang buah hati mulai tampak. Penglihatannya hanya terbatas pada apa yang ada di sekelilingnya dengan samar – samar. Umumnya sang buah hati dapat melihat ibunya dengan jelas pada jarak 20 – 25 cm dari matanya. Setelah empat bulan lebih, sang buah hati akan mulai bisa melihat dengan fokus pada satu objek di depannya. Hal selanjutnya adalah yang berkaitan dengan aktivitas dari sang buah hati. Biasanya mereka hanya makan dan tidur saja. Biasanya mereka akan minta disusui setiap dua hingga tiga jam sekali setelah itu mereka akan tidur lagi. Biasanya sang buah hati akan tidur dalam waktu 16 – 17 jam setelah asinya tercukupi.

Itulah beberapa gambaran perkembangan bayi baru lahir dari hari ke hari yang perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri. Hal tersebut perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan demi kelancaran tumbuh kembang sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *