Resep Sayur Rebung Campur Ikan

WhatsApp Image 2017-12-20 at 17.35.05

Sebelumnya ibu pernah memasak rebung? Rebung atau bambu muda bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang dapat disantap bersama keluarga. Mungkin ibu pernah memasaknya dalam berbagai olahan yang menarik. Salah satu masakan olahan rebung yang cukup banyak diminati adalah sayur rebung campur ikan. Masakan ini memiliki cita rasa yang lezat. Ikan yang digunakan dalam sayur rebung kali ini adalah jenis ikan apa saja. Ikan jenis apa saja tersebut cukup digoreng atau dipanggang untuk kemudian di campur ke dalam sayur rebung.

Sayur rebung campur ikan ini bisa disajikan pada saat pagi atau siang hari karena memberikan kenikmatan pada para penikmatnya. Tahukah anda jika cara memasak sayur rebung campur ikan ini sangat mudah, sehingga anda dapat langsung mempraktekannya. Yang terpenting, anda harus bisa mengolah rebung dan ikan terlebih dahulu.

Bahan Dan Cara Membuanya

Nah untuk membuat Sayur rebung campur ikan Anda hanya perlu memperhatikan seksama dan mengikuti cara-cara pembuatan yang tertera pada resep masakan yang dibahas kali ini. Resep masakan tersebut meliputi:

  • Bahan utama yang dibutuhkan untuk memasak sayur rebung campur ikan, terdiri dari: 1 buah rebung, 4 ekor ikan jenis apa saja sesuai selera anda, bisa anda goreng bisa pula anda bakar. Tetapi lebih mantap bila anda pilih ikan asap. Entah itu ikan manyung, sembilang atau lainya.
  • Siapkan pula santan setengah liter. Anda bisa mendapatkanya dengan cara membeli kelapa dan memarutnya. Atau kalau anda ingin lebih mudah, anda bisa beli santan instan, pilihlah Sasa Santan Kelapa yang memiliki cita rasa sama dengan santan yang baru diperas. Bahkan secara kualitas bisa lebih baik, sebab Sasa Santan Kelapa ini hadir dalam kemasan dengan keadaan sudah matang dan siap pakai. Sehingga bisa dipastikan sangat praktis. Belum lagi, Sasa Santan Kelapa ini memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Padahal ia tanpa pengawet lho. makanya, Sasa Santan Kelapa ini cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman.
  • Siapkan juga 2 potong serai (digeprek), 2 lembar daun jeruk dan 1 ruas kunyit

Bumbu halus yang dibutuhkan untuk memasak sayur rebung campur ikan, terdiri dari:

  • 4 buah bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 6 buah cabai merah besar
  • 3 buah kemiri
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • Minyak goreng seperlunya
  • Garam seperlunya
  • Gula seperlunya

Cara pembuatan memasak sayur rebung campur ikan :

  1. Ambil dan siapkan rebung, potong dengan ukuran sama panjang. Lalu bersihkan dengan air mendidih agar hilang baunya.
  2. Selanjutnya haluskan semua bumbu yang termasuk dalam kategori bumbu halus hingga halus.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Setelah panas, tumis bumbu halus tersebut hingga tercium aroma harum. Baru masukkan daun serek, daun jeruk, daun kunyit dan kembali tumis hingga terasa harum lagi.
  4. Masukkan rebung dan air secukupnya.
  5. Tambahkan Sasa Santan Kelapa dan aduk secara perlahan. jangan gunakan api terlalu besar dan terlalu lama memasak ketika santan telah dimasukkan. Hal ini untuk menjaga kualitas rasa dan kandungan santan tetap utuh.
  6. Seimbangkan rasa masakan dengan gula, garam dan penyedap rasa secukupnya.
  7. Terakhir masukkan ikan goreng dan masak sebentar hingga matang.
  8. Dan masakan siap disajikan sebagai lauk pelengkap nasi putih hangat.

Sudah paham ? Yuk mari praktikan membuat  sayur rebung dengan ikan, jangan lupa menggunakan santan dari Sasa Santan, Aslinya Santan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *