rukun-umroh

Rukun Umroh yang Perlu Anda Tahu

Salah satu syarat yang sah saat melakukan ibadah umoh yaitu saat seorang hamba Allah memenuhi rukun umroh sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SWT. Untuk rukum umroh sendiri adalah hal yang patut di kerjakan selama melaksanakan ibadah umroh. Apabila salah satu dari rukun tersebut tak dapat di penuhi, maka ibadah umroh tersebut tidak dapat di terima. Oleh sebab itu, untuk mengetahui secara jelas mengenai rukun atau urutan umroh tersebut, berikut ini rukun umroh yang perlu Anda tahu :

  • Niat

Niat merupakan rukun umroh yang pertama. Niatkan ibadah Anda sdengan hati yang tulus dan ikhlas.

  • Ihram

Ihram merupakan pakaian suci yang harus di kenakan ketika melakukan ibadah haji atau umroh. Pakaian ini memiliki warna putih tanpa jahitan dan sipakai dengan cara dililitkan pada tubuh. Ketika menggunakan ihram , ada beberapa larangan yang harus di penuhi seperti tak boleh memotong kuku, memotong rambut, Mengeluarkan darah dan sebagainya.Selain itu saat menggunakan baju ihram Anda juga di larang untuk berkata kasar, menikah, berburu binatang liar, dan untuk pria tidak di perbolehkan menggunakan topi atau sorban, menggunakan alas kaki yang menutupi mata kaki dan lainnya.

  • Tawaf

Tawaf merupakan berjalan mengelilingi ka’bah yang dilakukan sebanyak 7 kali putaran dan menjadi salah satu rukun umroh yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang mana nabi Muhammad SAW juga melakukan hal yang sama saat melaksanakan ibadah umroh.

  • Sa’i

Sa’i merupakan salah satu rukun umroh yang harus di lakukan oleh semua jamaah umroh atau haji saat di Mekkah. Pengertian Sa’i sendiri adalah berjalan kaki antara Shafa dengan Marwah yang di lakukan sebanyak 7 kali.

  • Tahallul

Tahallul merupakan mencukur atau memotong sebagian rambut di kepala. Dan rukun umroh ini di laksanakan setelah Anda melakukan Sa’i. Dengan melakukan Tahallul, maka rangkaian ibadah umroh telah selesai Anda lakukan.

Demikian beberapa rukun umroh yang telah di berikan. Adapun rukun umroh tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita terhadap apa yang agama ajarkan dalam melaksanakan Ibadah umroh.Dengan melakukan apa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, maka akan lengkaplah seseorang bisa di katakan sebagai muslim yang taat.Semoga dengan adanya rukun umroh yang telah di berikan dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi mengenai hal yang harus di lakukan ketika ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *