Tips Berkendara dengan Sepeda Lipat Dahon Agar Lebih Aman dan Nyaman

sepeda lipat dahon

Berbagai macam hal yang membuat masyarakat memiliki sepeda di rumah, kendaraan tanpa mesin yang umumnya juga digunakan untuk olahraga. Biasanya karena masih memiliki anak di usia-usia sekolah atau memang karena memiliki hobby berkendara. Semakin kesini inovasi produk yang ditawarkan ke pasaran sendiri juga kian bervariasi mengikuti perkembangan zaman. Banyak seri-seri terbaru yang dikeluarkan oleh berbagai produsen kendaraan roda dua tersebut, salah satu diantaranya adalah dari Dahon, salah satu merk yang cukup terkenal di Indonesia, sepeda lipat Dahon jadi salah satu produk unggulannya saat ini.

Tingkat penjualan dari model kendaraan city bike tersebut memang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan model yang lainnya. Dengan bentuknya yang lebih praktis disertai dengan tawaran harga yang murah meriah membuat sepeda lipat jadi salah satu pertimbangan konsumen ketika akan membeli kendaraan baru ini. Meskipun dari segi model sebenarnya tidak begitu jauh berbeda jika dibandingkan dengan jenis kendaraan yang lainnya, namun ada nilai lebih, modelnya yang praktis membuat kendaraan ini tidak memakan terlalu banyak tempat dan bisa secara mudah disimpan dimanapun.

Ada aturan khusus juga yang harus diketahui agar aktivitas berkendara sepeda lipat Dahon Anda tersebut menjadi lebih aman dan juga nyaman, diantaranya adalah:

1. Atur sedel sepeda sesuai dengan tinggi tubuh Anda, pastikan posisi yang benar-benar nyaman, ditujukan agar nantinya bagian punggung bisa lebih stabil ketika mengendarai dan juga lebih sehat. Bagaimana pun juga kendaraan yang satu ini agaknya memang bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda maupun anak-anak untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Pemakaiannya memang multifungsi untuk siapa saja karena memang bagian sedelnya dapat dengan mudah di naik-turunkan sesuai dengan tinggi tubuh, sesuaikan dengan kenyamanan saja dan pastikan untuk membuat lipatannya kencang sebelum dikendarai.
2. Pastikan untuk membawa helm sepeda, perangkat keselamatan yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran, tak hanya ditujukan untuk anak-anak yang masih belajar sepeda saja, melainkan juga untuk orang dewasa. Apalagi jika seandainya nanti Anda ingin mengendarainya di jalan raya, berbagai macam resiko sangat mungkin terjadi pada diri Anda, untuk itu lebih aman memakai perlengkapan keamanan yang satu ini.
3. Cek kondisi rem sepeda ini apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak, agak berbeda dengan jenis kendaraan yang lainnya seperti diantaranya adalah mobil, dimana kondisi rem blong atau tidak hanya bisa diketahui setelah dikendarai, maka untuk sepeda dapat dicek sebelumnya, jika memang kondisinya sudah tidak begitu baik, mulai dari kapas remnya menipis atau sejenisnya, jangan digunakan terlebih dahulu, akan jauh lebih baik untuk melakukan service terlebih dahulu sebelum dipakai untuk menunjang keamanan.
4. Periksa tekanan angin dalam ban, ban ini termasuk salah satu komponen vital yang menentukan keamanan dan juga kenyamanan mengendarai sepeda. Jika tekanan anginnya kurang memiliki resiko kebocoran yang sangat tinggi jika terus dikendarai, sebaliknya ketika tekanan angin yang ada di dalamnya terlalu tinggi juga pasti kurang nyaman digunakan. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhannya.

Setidaknya itulah beberapa persiapan sebelum berkendara sepeda lipat Dahon ini agar lebih aman dan nyaman. Karena tergolong sebagai jenis kendaraan on road memang ia hanya cocok di pakai pada medan-medan yang mulus layaknya jalan raya atau berkendara di taman saja, bukan diperuntukkan untuk jalanan yang terjal berbatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *