Tips Jitu Memilih Raket Badminton Terbaik

badminton

Berbicara mengenai olahraga badminton atau dikenal juga dengan nama bulu tangkis, pasti semua orang sangat mengenal atlet terkenal dan hebat Susi Susanti, Taufik Hidayat dan atlet ternama lainnya. Untuk mendukung permainan badminton yang baik tentu selain fisik atlet dan juga teknik bermain badminton, raket merupakan salah satu hal penting dalam badminton yang tidak bisa ditinggalkan. Tanpa raket badminton terbaik, kelancaran permainan badminton akan terganggu.

Badminton atau bulu tangkis ini adalah jenis olahraga raket yang dimainkan secara berlawanan baik permainan tunggal (dua orang) maupun permainan ganda (dua pasangan). Shuttlecock atau sering disebut Kok adalah umpan yang akan menjadi tujuan permainan badminton. Dengan memukul kok agar jatuh melewati jaring di pihak lawan.

Terdapat lima partai dalam permainan badminton yaitu Tunggal putra, Tunggal putri, Ganda putra, Ganda putri dan Ganda campuran. Adapun perlengkapan yang digunakan dalam olahraga ini:

  • Raket, biasanya terbuat dari kayu atau alumunium.
  • Senar, biasanya memiliki ketebalan ukuran 21 dengan ketegangan 18 hingga 30 + lb.
  • Kok, bola dalam permainan bulu tangkis yang terbuat dari bulu angsa berbentuk kerucut terbuka.
  • Sepatu, sepatu untuk bermain bulu tangkis sebaiknya memiliki sol karet yang baik supaya dapat memberikan cengkeraman baik saat bermain dan melompat. Sehingga cidera pada lutut dan pergelangan kaki dapat diminimalisir.

Untuk dapat memainkan olahraga badminton ini dengan baik dan nyaman, Anda membutuhkan raket yang tepat. Secara tradisional raket terbuat dari bahan kayu, logam dan alumunium. Berikut ini tips jitu memilih raket badminton terbaik untuk Anda. yang pertama adalah Gaya permainan. Gaya permainan sangat ditentukan oleh karakter bermain tiap atlet badminton. Ada 3 tipe raket yang dirancang sesuai tujuan, yaitu:

  • Tipe menyerang, merupakan raket yang digunakan untuk mengerahkan semua pukulan smash secara maksimal, yaitu seperti raket jenis 3U-2U.
  • Tipe bertahan, raket yang digunakan untuk mengendalikan dan mengontrol permainan, yaitu jenis raket 4U-3U yang memiliki titik keseimbangan 270-285 cm. Raket ini juga memiliki respon dan juga akurasi lebih cepat untuk menahan serangan.
  • Tipe kombinasi yaitu menyerang dan bertahan, yaitu raket dengan fleksibilitas sedang dengan jenis 3 U.

Selanjutnya dari segi Spesifikasi Raket yang dapat dilihat dari berat raket. Berat raket badminton dinilai dengan kode U. Nilai U yang semakin tinggi menandakan bahwa raket tersebut memiliki ukuran yang ringan. Begitu juga sebaliknya, jika nilai U semakin rendah, maka ukurannya berat. Ada 5 jenis U pada raket:

  • U: 95-99 gram
  • 2U: 90-94 gram
  • 3U: 85-89 gram
  • 4U: 80-84 gram
  • 5U: 75-79 gram

Untuk melihat titik keseimbangan pada raket, dapat dilihat dari jenis raket power maupun raket control. Kemudian dari segi fleksibilitas dapat dilihat dari bentuk batang raket yang kaku maupun fleksibel. Untuk raket batang fleksibel memiliki pantulan yang baik ketika diayun kan. Sedangkan pada raket batang kaku, pantulan yang dihasilkan kurang baik. Raket fleksibel cocok digunakan untuk tipper bertahan. Sedangkan raket kaku digunakan untuk serangan cepat.

Demikian tadi cara jitu memilih raket badminton terbaik yang dapat Anda lakukan. Tentunya beli raket dan alat-alat olahraga badminton di toko yang terpercaya. Sehingga Anda pun akan mendapatkan kualitas barang yang baik dan awet tentunya. Kualitas raket yang baik juga akan mendukung kualitas bermain badminton Anda. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *