tips komunikasi

Tips Komunikasi dengan Orang yang Baru Anda Kenal

Cara berkomunikasi dengan orang yang sudah Anda kenal tentu akan berbeda dengan cara berkomunikasi dengan orang yang baru Anda kenal. Ketika Anda berada dalam lingkungan yang baru pun, Anda juga juga perlu untuk melakukan penyesuaian cara berkomunikasi dengan lingkungan baru Anda tersebut. Hal ini menjadi perlu untuk dilakukan agar Anda bisa diterima dengan lingkungan baru dan bisa membaur dengan orang – orang yang baru Anda kenal tersebut. dengan begitu maka Anda bisa merasa nyaman ketika menjalin komunikasi dengan orang lain. Agar Anda tidak merasa kesulitan, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tips komunikasi dengan orang yang baru dikenal.

Adapun tips komunikasi saat Anda bertemu dengan orang yan baru dikenal yang pertama adalah Anda harus memulai komunikasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang ringan dan sederhana. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar lawan bicara Anda bisa merasa nyaman dan tidak terusik karena Anda melemparkan pertanyaan – pertanyaan yang terlalu bersifat pribadi. Cobalah untuk memulai percakapan dengan menanyakan hal – hal yang sederhana, setelah dirasa Anda mendapatkan feedback yang sesuai dengan harapan, maka Anda bisa terus melanjutkan komunikasi dengan berbagai pertanyaan lain. Tips selanjutnya adalah Anda harus bisa membuat lawan bicara Anda bisa lebih banyak menceritankan berbagai hal mengenai dirinya. Berikan kesempatan kepada lawan bicara Anda untuk bisa mengenalkan dirinya lebih jauh kepada Anda. Sebisa mungkin Anda justru jangan terlalu banyak bicara, agar Anda bisa mengenal lebih dalam mengenai lawan bicara Anda tersebut. Tips berikutnya adalah saat menjalin komunikasi maka Anda harus melakukan kontak mata. Dengan melakukan kontak mata, maka akan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan apa yang dibicarakan atau diperbincangkan. Namun Anda juga harus berhati – hati agar lawan bicara Anda tidak merasa risih dan tidak nyaman dengan tatapan yang Anda berikan kepadanya. Selanjutnya saat melakukan komunikasi, sebisa mungkin Anda jangan menceritakan berbagai hal tentang diri Anda apabila tidak diminta oleh lawan bicara Anda tersebut. Apabila Anda terlalu banyak menceritakan segala hal tentang diri Anda, maka dikhawatirkan jika lawan bicara Anda akan menganggap Anda sebagai pribadi yang sombong.

Berdasarkan berbagai tips komunikasi di atas, semoga bisa memebrikan berbagai dampak positif bagi Anda. Ketika Anda bisa melakukan komunikasi dengan baik, maka jalan untuk bisa menjalin hubungan yang baik juga akan terbuka lebar. Ketika orang lain sudah bisa merasa nyaman berada di dekat Anda, maka Anda telah memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Sebagaimana yang telah Anda ketahui bersama bahwa komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Maka dari itu Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan siapa saja, termasuk dengan orang – orang yang baru Anda kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *