wayang-kulit-indonesia

Wayang Kulit Indonesia Tradisi Indonesia Yang Luar Biasa

Wayang kulit Indonesia merupakan salah satu puncak kesenian budaya Indonesia yang paling menonjol dan sudah diakui di Indonesia. Budaya wayang begitu banyak dan meliputi berbagai macam seni yang ada meliputi seni peran, seni suara, seni music, seni tutur yang luar biasa. Dengan melihat berbagai macam kesenian yang dijadikan satu dan dikembangkan dengan nama wayang di Indonesia ternyata wayang itu bisa digunakan menjadi media penerangan, dakwah, pendidikan hiburan yang sekarang ini bisa dinikmati oleh siapa saja dari berbagai belahan dunia. Ternyata wayang Indonesia sekarang juga sudah berkembang untuk bisa dinikmati juga oleh orang orang dari luar negeri. Keberadaan wayang Indonesia menjadi semakin membanggakan setelah wayang resmi diakui menjadi budaya asli Indonesia.

Wayang kulit Indonesia terkadang sampai sekarang dianggap menjadi tontonan yang old atau terlalu tua. Padahal wayang Indonesia merupakan hal yang luar biasa di luar sana. Beberapa penggerak budaya sekarang ini terus mempromosikan wayang Indonesia untuk terus menjadi budaya asli Indonesia yang bisa tenar di luar negeri. Sampai sekarang ini wayang Indonesia masih dijadikan media pendidikan bagi secara moral maupun agama kepada pada penontonya dan juga penikmatinya. Pertunjukan media wayang Indonesia memperlihatkan juga mengenai sejarah sejarah di Indonesia yang bergitu beragam dan menarik. Filosofi yang diberikan sangat luar biasa. Wayang Indonesia juga menjadi budaya yang dikagumi oleh berbagai kalangan penikmat budaya dari orang berbagai belahan dunia karea sarat akan filosofi yang mendalam. Bagi anda yang belum tahu wayang Indonesia sebenarnya dahulu dijadikan oleh wali songo untuk mengenalkan budaya dan agama islam untuk orang orang Indonesia. Wayang begitu dalam artinya terutama untuk oran orang jawa karena wayang begitu punya banyak sejarah di tanah jawa sendiri pada khususnya.

Untuk anda para penikmat wayang kulit Indonesia, anda bisa menemuinya di salah satu tempat di Indonesia. Salah satunya yakni anda bisa menumui wang kulit di kepuhsari di kabupaten wonogiri di provinsi jawa tengah. Desa wayang bisa anda temui dengan melakukan perjalanan 2 jam menggunakan bis dari solo dan jogja. Dari jogja anda bisa meraih kendaraan dari terminal giwangan, atau dari solo melalui stasiun balapan solo, dan ambil bis kearah Cengkal. UNESCO sudah mengakui bahwa wayang merupakan cara menyampaikan cerita secara tradisional yang paling unik yang ternyata saat ini masih terus diperankan di desa desa di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *