kawah-ijen-banyuwangi

Wisata di Banyuwangi Kawah Ijen

Salah satu keindahan pesona Banyuwangi yang menjadi ikon wisata dari kota ini adalah Kawah Ijen atau kerap disebut pula sebagai Blue Fire. Secara administratif, Kawah Ijen terletak di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso serta Situbondo. Kawah berada di ketinggian 2443 meter di atas permukaan air laut serta kedalaman mencapai dua ratus meter. Wisata di Banyuwangi ini diselimuti oleh asap belerang sehingga membuatnya memiliki pesona yang luar biasa.

Penyebutan Blue Fire sebagai nama lain dari Kawah Ijen bukan tanpa alasan. Terdapat danau belerang dnegan warna toska serta api biru yang bisa disaksikan mulai malam hari hingga menjelang waktu subuh. Karena itulah wisata di Banyuwangi ini terkenal juga dengan sebutan Blue Fire. Menuju Kawah Ijen dapat melalui jalur utara ataupun jalur selatan. Jalur utara melalui Situbondo menuju Sempol di Bondowoso, kemudian sampai di Paltuding. Waktu tempuhnya sekitar dua setengah jam.

Sementara jalur selatan ditempuh melalui Banyuwangi menuju Licin berjarak sekitar tiga puluh lima kilometer. Agar bisa mencapai Kawah Ijen, dibutuhkan pendakian setinggi tiga kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Kemirian pendakian mencapai dua puluh lima hingga tiga puluh lima derajat. Wisata di Banyuwangi ini tidak akan sia-sia karena pendakian panjang terbayar ketika melihat pemandangan blue fire di kawasan kawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *