pulau-merah-banyuwangi

Wisata di Banyuwangi Pantai Pulau Merah

Di samping kekayaan kulinernya yang luar biasa, Banyuwangi juga menyimpan keindahan alam yang membuat banyak wisatawan memasukkan kota ini ke dalam bucket list liburan. Salah satu dari sekian banyak wisata di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Dinamai demikian karena tanahnya yang berwarna merah. Bentuknya seperti bukti kecil dengan jarak yang tak terlalu jauh dari bibir pantai. Pasir putihnya terbentang hingga tiga kilometer.

Kita bisa menginjakkan kaki di pulau ini pada saat air tengah surut karena hanya berjarak seratus meter saja dari bibir pantai. Pantai ini sendiri dulunya bernama Pantai Ringin Pitu, akan tetapi sekarang telah berganti nama dan lebih populer disebut sebagai Pantai Pulau Merah. Terkait penamaan tempat wisata di Banyuwangi ini, ada dua versi yang beredar di masyarakat, akan tetapi tidak diketahui secara pasti versi mana yang benar.

Pantai Pulau Merah sendiri tengah dipersiapkan untuk menjadi salah satu tujuan surfing alias selancar di Banyuwangi. Pada 2013 lalu dihelat International Surfing Competition dengan peserta dari dua puluh negara berbeda. Ketinggian ombak di tempat wisata di Banyuwangi ini sendiri mencapai empat hingga lima meter sehingga cocok untuk peselancar pemula hingga yang profesional. Pantai Pulau Merah tepatnya terdapat di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Jaraknya sekitar delapan puluh kilometer dari pusat Banyuwangi dan harga tiket masuknya adalah tiga ribu rupiah per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *