3 Cara Atasi Sesak Napas

Sesak napas atau dyspnea adalah kondisi tidak nyaman yang dikarenakan kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Pernapasan normal terjadi ketika udara masuk ke dan keluar dari paru-paru. Sesak napas terjadi ketika bagian tubuh harus bekerja ekstra untuk bernapas karena kurangnya oksigen yang masuk.

Sebagian orang mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas hanya dalam waktu singkat,, beberapa langkah berikut ini sebagai cara mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat-obatan :

  1. Pursed-lip Breathing

Teknik ini berfungsi untuk membantu memperlambat laju pernapasan yang membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Caranya dengan merelaksasikan otot leher dan bahu Pertama, Tutup mulut Anda saat menghirup, dan ambil napas pelan-pelan melalui hidung dalam dua detik setelah itu buang napas perlahan melalui celah bibir atau mulut sampai detik keempat.

  1. Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk

Duduklah di kursi secara rileks, condongkan dada sedikit ke depan. Perlahan letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Posisi duduk ini juga bisa Anda lakukan dengan bertumpu pada meja, istirahatkan lengan dan kepala Anda di meja.

  1. Berbaring Santai

Cobalah bernapas sambil berbaring telentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Posisi ini membantu tubuh dan saluran udara Anda rileks, membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Jadi silakan mencoba cara diatas jika tiba-tiba kamu merasa sesak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *