Contoh Saran Dalam Makalah yang Baik

Dokumen makalah merupakan hubungan umum yang sering kita jumpai dalam tesis dan dalam beberapa kegiatan. Penyusunan dokumen makalah harus disertai dengan penelitian pendahuluan agar kesimpulan dan rekomendasi yang akurat dapat diambil dalam laporan makalah. Makalah pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian. Salah satunya adalah bagian penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran dan sebagian besar penulis salah menuliskan saran dalam dokumen makalah yang mereka tulis.

Lantas bagaimana dengan contoh tips dalam makalah yang baik dan benar, sebenarnya penulisan tips makalah sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan pedoman yang berlaku dan disusun dalam format penulisan makalah sesuai standar pembuatan makalah. Mari kita simak artikel tentang contoh saran dalam makalah beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pahami tipnya

Saran merupakan solusi yang ditujukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Indikasinya adalah pendapat seseorang tentang sesuatu yang sedang dibicarakan. Saran juga biasa digunakan sebagai metode pemecahan masalah, saran ditujukan pada sesuatu yang tidak sesuai untuk yang terbaik.

Contoh saran dalam dokumen makalah

Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

Mentalitas guru dapat berubah, sesuai dengan paradigma pendidikan terkini seperti: anak harus menguasai kompetensi yang ada (life skill), mereproduksi pengalaman belajar bagi siswa dan model yang berpusat pada guru bagi siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Untuk itu, pembelajaran dapat dilakukan dengan cara yang lebih kontekstual. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual, dibutuhkan guru yang profesional. Dengan cara ini akan ada alat peraga yang baik dan efektif.

Alat peraga berperan dalam menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, kreatif, dinamis dan aktif, sehingga sangat penting. Anak-anak harus dapat menentukan tindakan dan menerapkan informasi pembelajaran yang proporsional dan rasional melalui alat peraga ini.

Saran

Sehubungan dengan hal ini, saya menyarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Membuat alat peraga sederhana agar pembelajaran dapat dilakukan secara luas sehingga menghasilkan guru yang profesional.
Untuk pengembangan dan pemerolehan penunjang pendidikan (alat peraga), keberadaan manajemen dan kelompok sekolah dapat dilaksanakan. Penulis juga mengharapkan kritik dan saran untuk penulisan makalah kedepannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *