Mengenal Gejala Alergi Dan Mengatasinya

Alergi dapat bervariasi dalam jenis dan jenis alergi yang paling umum yang dialami orang adalah alergi yang disebabkan oleh alergi makanan, pernapasan, dan kulit. Alergi adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap benda asing tertentu yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, udara, air atau sumber lainnya. Penyebab dan gejala alergi dapat bervariasi tergantung pada jenis alergi yang Anda alami. Jika Anda juga mengalami satu atau lebih jenis alergi lain, lebih baik untuk mengetahui penyebab dan gejala alergi yang Anda alami. Jadi di sini kami membantu Anda menemukan penyebab alergi dan gejalanya.

Penyebab alergi paling umum

Bahan-bahan khusus yang menyebabkan alergi diklasifikasikan sebagai alergen. Semua alergen ini ditemukan di lingkungan, makanan atau bahan-bahan lain yang mungkin bersentuhan dengan tubuh. Berikut adalah beberapa alergen yang menyebabkan alergi pada orang.

  1. Debu
    Debu di lingkungan mengandung alergen, yang disebut tungau debu. Tungau debu khusus ini adalah makhluk hidup kecil yang tumbuh subur di berbagai daerah. Mereka sering menyebabkan alergi pada banyak orang.
  2. Jamur
    Jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi paling umum. Mereka biasanya mudah ditemukan, terutama jika ada tempat yang lembab dengan banyak air, seperti di kamar mandi atau permukaan yang lembab.Jamur menyebabkan alergi ringan pada manusia, terutama di daerah dengan curah hujan tinggi dan lembab.
  3. Bulu hewan:
    Hewan peliharaan Anda juga dapat membawa alergen tertentu yang dapat menyebabkan alergi. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki protein dalam air liur, air seni dan kulit mereka, biasanya disebut sebagai bulu. Jika Anda terpapar tetesan dalam ini saat memegang hewan peliharaan Anda, Anda mungkin telah beralih ke reaksi alergi.
    Serbuk sari atau pullen
    Ini adalah salah satu penyebab alergi paling umum pada banyak orang di seluruh dunia. Serbuk sari dari rumput, pohon, dan gulma meningkat pada bulan April dan Mei. Pollen bertanggung jawab atas penyebab alergi yang memengaruhi sistem pernapasan seseorang. Itulah mengapa sangat penting untuk menjauh dari serbuk sari sebanyak mungkin jika Anda alergi terhadap serbuk sari.

Tanda dan gejala alergi paling umum

Sekarang setelah Anda memahami alergen yang paling umum, mari kita bicara tentang gejala yang biasanya ditunjukkan oleh orang yang berjuang dengan alergi. Tanda-tanda alergi dan gejala-gejala ini, meskipun mereka tampak normal pada tahap awal mereka, dalam reaksi ekstrem. Alergi jelas mengancam jiwa.

Di bawah ini adalah beberapa tanda dan gejala alergi paling umum yang perlu Anda pahami.

  • Dada sesak
  • Mata berair
  • Peradangan mata
  • Pembengkakan di bawah mata
  • Hidung yang menetes
  • Bersin terus-menerus
  • Lingkaran hitam di mata
  • Kulit berjerawat
  • Hidung tersumbat
  • Gatal mata dan hidung

Di atas adalah beberapa penyebab dan gejala alergi. Bagi siapa pun yang mengalami gejala-gejala ini, sangat disarankan untuk berbicara dengan dokter Anda dan mengambil perawatan yang ditentukan. Untuk meredakan gejala, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum obat anti-alergi, tetapi obat-obatan ini hanya meredakan sejenak dan tidak dapat menyembuhkan, jadi hindari alergen yang mungkin menjadi pemicu Anda untuk alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *