Pentingnya Dukungan Keluarga Dalam Pengobatan DM

Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau berkurangnya efektivitas insulin. Ini ditandai dengan hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa di atas normal. Diabetes ditandai oleh keadaan hiperglikemia yang persisten. Insulin adalah hormon yang dibentuk oleh pankreas. Pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel. Insulin mengurangi jumlah gula dalam darah.

Menurut data 2015 dari Masyarakat Endokrinologi (PERKENI), jumlah orang dengan diabetes mellitus di Indonesia mengatakan bahwa mereka telah mencapai 9,1 juta orang. Dikatakan bahwa Indonesia telah meningkat dari kelas 7 ke kelas 5 di negara-negara dengan jumlah penderita diabetes mellitus tertinggi di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa jumlah orang dengan diabetes mellitus di Indonesia akan terus meningkat dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar. 21,3 juta pada tahun 2030. Usia diabetes mellitus sekarang lebih muda, 1 dari 5 penderita diabetes berusia lebih muda dari 40 dengan total 1.671.000 orang. Sedangkan sisanya berusia 40 hingga 59 tahun dengan total 4.651.000 orang. Kelompok terakhir terdiri dari penderita diabetes mellitus berusia 60 hingga 79 tahun, yang setara dengan sekitar 2 juta orang.

Hari Diabetes Sedunia 2018 mengangkat tema “Keluarga dan Diabetes”. Keluarga memainkan peran penting dalam mencegah dan mengatasi diabetes. Penyakit ini tidak hanya menjadi masalah bagi setiap individu, tetapi juga menjadi urusan dan tanggung jawab keluarga. Alasannya adalah diabetes dapat berdampak pada ekonomi keluarga, terutama jika pasien dengan diabetes adalah kepala keluarga atau tulang punggung keluarga. Karena manajemen diabetes harus dilakukan secara holistik. Pasien dengan diabetes memerlukan dukungan penuh dari keluarga dan kerabat mereka, dengan dukungan keluarga penuh menjadi cara terbaik untuk tetap sehat dan mencegah dan mengurangi risiko diabetes di antara anggota keluarga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *